23 Januari 2017

9 Tips Aman Mengakses Internet (Browsing)

Posted by Glen Hanz Sky

9 Tips Aman Mengakses Internet - Kegiatan browsing tentunya tidak asing lagi bagi kita di era teknologi internet saat ini. Di zaman yang serba canggih kita dapat dengan mudah untuk mengakses internet atau yang biasa disebut dengan browsing.

Browsing adalah kegiatan yang bisa kapan saja dengan mudah dilakukan untuk mencari berbagai informasi. Dengan Browsing kita bisa menjelajahi berbagai situs, mencari informasi dan juga mendownload berbagai file yang kita inginkan dan kegiatan tersebut tentulah sangat menyenangkan. Namun yang sering sekali kita lupakan adalah bagaimana caranya untuk browsing dengan aman.


Kegiatan browsing yang dilakukan tanpa mempertimbangkan beberapa hal biasanya akan memberikan dampak buruk pada laptop ataupun komputer yang dipakai untuk mengakses internet. Hal yang mungkin akan terjadi jika kita browsing tanpa mempertimbangkan beberapa hal adalah kerusakan pada sistem kompuer atau laptop yang disebabkan oleh virus.

Dan kali ini saya akan berbagi tips kepada anda agar dapat mengakses internet dengan cara yang aman, sehingga anda dapat menjaga kerahasiaan data-data yang anda miliki.

Jadi ada baiknya untuk anda mengetahui berbagai cara agar dapat melakukan browsing dengan aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pakai agar bisa melakukan browsing dengan nyaman dan aman 

9 Tips Aman Browsing Internet

1. Jangan Sembarangan Menggunakan Wi-Fi Gratis

Bagi kamu yang sering menggunakan Wi-Fi gratis di berbagai tempat, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Memakai Wi-Fi gratis memang sangat menguntungkan serta menghemat pengeluaranmu untuk browsing.

Akan tetapi jika jaringan yang kamu pakai adalah jaringan untuk transaksi dan memerlukan identitas kartu kredit ataupun akun bank, bisa-bisa kamu menjadi sasaran yang sangat pas bagi para penjahat cyber. Dan sebaiknya berhati-hatilah jika ingin menggunakan wifi gratis.

2. Jangan menggunakan Password yang Sama untuk Semua Akun

Sebaiknya kamu menggunakan password yang berbeda untuk berbagai akun. Jika kamu kesulitan untuk mengingat berbagai password, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Password Manager.

Aplikasi ini akan membantumu untuk mengatur dan mengingat password yang kamu gunakan untuk berbagai akun. Hal ini bertujuan untuk menghindari serangan hacker yang telah berhasil mengetahui kombinasi password mu sehingga akun yang lainnya masih tetap aman.

3. Jangan Menyimpan Password di Browser atau Aplikasi

Ketika kamu mengakses situs ataupun halaman sosial media, kamu biasanya akan ditawari untuk menyimpan password secara otomatis oleh situs tersebut bukan? Hal ini memang berguna agar kamu tidak repot memasukkan password lagi saat berkunjung ke halaman yang sama.

Namun hal ini pun bisa sangat berbahaya jika kamu sering meminjamkan laptop mu ataupun mengakses situs di komputer umum seperti warnet. Dimana orang lain bisa saja melihat password mu dari history, dan para penjahat cyber akan menyalahgunakan akunmu untuk berbuat kejahatan. Maka, sebaiknya kamu tidak perlu menyimpan password mu secara otomatis agar akunmu selalu aman.

4. Atur Privasi Akun Sosial Media

Biasakan untuk memperhatikan pengaturan privasi yang ada di akun sosial media milikmu. Pastikan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat postingan kamu.

Dengan begitu, kamu pun akan lebih aman dari penjahat cyber. Kebanyakan orang sering mengabaikan pengaturan privasi yang terdapat pada akun sosial media milik mereka. Padahal, pengaturan privasi sangat penting untuk dilakukan mengingat berbagai kejahatan lewat sosial media telah berkembang dengan sangat pesat belakangan ini.

5. Gunakan Firewall dan Antivirus


Tips penting lainnya yang bisa kamu gunakan untuk tetap aman saat mengakses internet (browsing) adalah dengan menggunakan Firewall dan Antivirus. Hal ini bertujuan agar nantinya berbagai virus yang mencoba masuk ke laptop atau komputer mu dapat di tangkal oleh firewall ataupun antivirus.

Jangan lupa juga agar kamu melakukan update secara rutin terhadap antivirus yang kamu pasang. Update antivirus akan membuat antivirus di komputermu semakin ampuh dalam menangkal berbagai macam virus yang bisa saja menyerang laptop ataupun komputermu.

6. Jangan Lupa Log Out dari Semua Akun

Sama seperti halnya dengan poin ketiga, sebaiknya log out (keluar) kan lah semua akun yang kamu miliki, baik itu sosial media ataupun akun penting lainnya sebelum meninggalkan komputer atau laptop yang telah kamu pakai, sebab jika kamu lupa untuk log out, bisa saja akun kamu dimanfaatkan orang lain untuk berbuat kejahatan.

7. Jangan menyimpan File Pribadi di Komputer Umum


Sebaiknya kamu tidak menyimpan file pribadi dalam komputer, karena komputer umum tentunya bebas dipakai oleh siapa saja. Jika kamu memiliki file pribadi yang penting namun kamu tak sengaja meletakkannya di komputer umum, bisa saja file yang kamu miliki dicuri atau bahkan disalahgunakan oleh orang lain yang mempunyai niat jahat.

8. Hapus History atau Riwayat Setelah Browsing

Demi keamanan privasimu, cobalah untuk menghapus riwayat atau history kamu setelah browsing. Dengan begitu orang lain tidak akan tahu situs-situs mana saja yang telah kamu kunjungi. Privasimu pun akan lebih terjaga setelah menghapus history atau riwayat setelah mengakses internet (browsing).

9. Restart Ulang Komputer Setelah Browsing

Buat kamu yang sering browsing di warnet, ada baiknya kamu melakukan restart pada komputer yang telah kamu gunakan untuk browsing. Restart komputer bisa menghapus berbagai history dan juga kata sandi. Dengan begitu, privasi kamu akan tetap terjaga.

Dengan mengikuti tips di atas, kegiatan browsing tentunya akan jauh lebih menyenangkan dan tidak memancing berbagai hal buruk yang bisa mengancam komputermu dan juga dirimu sendiri.

Demikianlah beberapa tips yang dapat kamu terapkan pada saat mengakses internet agar tetap aman dan nyaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda serta menambah pengetahuan anda dalam hal menggunakan internet dengan baik.

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. This is outcome of|as a outcome of} each web site we recommend is properly licensed and regulated. What’s extra, the casinos listed on this page use random quantity mills to ensure complete randomness in each spin. No-zero roulette is the model of the sport with the lowest home edge. In 바카라사이트 fact, there’s no home edge at all when betting on even money selections.

    BalasHapus