23 Januari 2017

6 Tips Keyboard Laptop Agar Tahan Lama Dan Awet

Posted by Glen Hanz Sky

6 Tips Keyboard Laptop Agar Tahan Lama Dan Awet - Keyboard adalah salah satu komponen terpenting yang ada pada komputer, laptop ataupun  notebook dan juga untuk beberapa jenis barang-barang elektronik lainnya, seperti smartphone, tablet, dan sebagainya. Keyboard menjadi penting karena berperan untuk memasukkan perintah ke sistem komputer tersebut.


Dan kali ini saya akan berbagi tips cara merawat keyboard, khususnya keyboard laptop agar menjadi tahan lama dan lebih awet penggunaannya. Seperti yang kita ketahui bahwa keyboard bawaan laptop jika mengalami kerusakan tidak mudah untuk menanganinya dan bahkan juga membutuhkan modal besar jika harus diganti dengan yang baru.

Berikut Cara Merawat Keyboard Laptop :

1. Gunakan Keyboard Cover

Keyboard cover sebenarnya harus dipakai untuk melindungi keyboard agar tidak terkena debu dan air. Sehingga tombol keyboard dapat tetap awet. Harga dari keyboard cover ini pun juga bervariasi tergantung pada jenis laptop yang digunakan, namun biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Penggunaan keyboard cover ini berfungsi untuk mengurangi masuknya kotoran ataupun debu ke sela-sela keyboard laptop. Apabila ada kotoran yang masuk ke sela-sela keyboard laptop, atau bahkan jarang dibersihkan, maka dapat menyebabkan terjadinya error dan juga kerusakan pada keyboard.

2. Jangan Menekan Terlalu Kencang

Menekan keyboard yang terlalu kencang biasanya dilakukan oleh para gamers yang biasanya terlalu terbawa suasana pada saat memainkan game tersebut. Sebenarnya keyboard laptop itu mempunyai batas tekanan masing-masing. Pada saat kamu menekan tombol pada keyboard secara keras dan kencang, maka hal tersebut bisa saja merusak tombol keyboard laptop. Upayakanlah agar pada saat menekan tombol pada keyboard dengan tekanan yang sedang saja.

3. Gunakan Keyboard Eksternal

Untuk mengurangi pemakaian pada keyboard bawaan laptop. Biasanya bagi kamu yang hobbi main game maka sebaiknya pakailah keyboard eksternal. Hal ini bertujuan untuk menghindari menekan tombol-tombol yang terlalu kencang pada keyboard. Jika kamu menekan keyboard eksternal dengan sangat kencang, maka yang rusak tentulah keyboard eksternal tersebut, sehingga keyboard bawaan laptop kamu tetap awet, Dan juga untuk mengganti keyboard eksternal pun akan lebih mudah serta harganya juga lumayan murah daripada keyboard bawaan laptop.

4. Jangan Menaruh Benda Berat di Atas Keyboard Laptop
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jangan meletakkan benda yang berat di atas keyboard laptop kamu, sebab bila anda benda yang berat diatas keyboard laptop, hal tersebut tidak hanya memberikan tekanan pada keyboard, akan tetapi juga ke komponen lainnya. Hindarilah hal-hal seperti itu, jika kamu ingin laptop kamu dapat awet dan bertahan lama.

5. Jauhkan Dari Cairan

Biasanya seseorang yang sedang bekerja atau bermain pastilah akan menaruh minuman seperti teh, kopi atau air putih di dekat laptop. Tujuannya adalah agar minuman tersebut mudah untuk diraih. Hal ini nih yang biasanya sering sekali terjadi. Sebenarnya hal ini sah-sah saja dilakukan, hanya saja anda harus sangat berhati-hati, sebab resiko minuman tersebut bisa saja tumpah ke keyboard dan dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard laptop anda.

6. Rutin Membersihkan Keyboard

Adanya debu yang semakin menumpuk pada keyboard juga dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard. Hal ini akan membuat pengguna merasa terganggu, sehingga anda harus rutin untuk membersihkan tumpukan debu tersebut. Untuk membersihkan kotoran debu pada keyboard anda dapat menggunakan kuas atau kain lap. Dan alat pembersih untuk keyboard laptop ini juga sudah banyak sekali dijual di toko-toko komputer, anda dapat membelinya disana, tentunya dengan harga yang lumayan murah.

Agar Laptop anda tetap awet pastinya akan dibarengi dengan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan secara berkala supaya Laptop anda tetap awet dan tahan lama. Dan semoga saja artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar