22 Januari 2017

Cara Menghapus Virus di Komputer Dan Laptop / Notebook

Posted by Glen Hanz Sky

Cara Menghapus Virus Komputer Dan Laptop / Notebook - Virus komputer merupakan sejenis program komputer yang dapat menyalin dirinya sendiri atau menggandakan data, lalu kemudian menyebar dengan cara menyisipkan salinan tersebut ke dalam program, data atau file-file maupun dokumen yang terdapat didalam komputer ataupun laptop/notebook.

Ilustrasi Gambar Virus Komputer di Laptop
Anda tentu pernah mengalami komputer, laptop/notebook sobat lambat, atau bahkan aplikasi maupun software yang ingin anda jalankan tidak dapat di buka? Nah, hal itu semua bisa jadi karena sudah terkena virus.

Menginstal ulang sistem operasi windows bukanlah merupakan solusi satu-satunya yang bisa anda lakukan, sebab pastinya akan memakan waktu yang lama dan jika anda tidak mempunyai keahlian dibidang tersebut tentunya anda harus mengeluarkan biaya.

Sebagai pengguna sistem operasi windows tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kita kapan saja bisa langsung berhadapan dengan yang namanya virus.

Berdasarkan pengalaman saya terdapat dua virus yang bandel, yang sering mengganggu pekerjaan kita, bahkan walaupun dengan menginstal ulang tetap tidak dapat juga menghapus virus tersebut yaitu SALITY dan RAMNIT. Terkadang virus tersebut bersembunyi atau menggandakan diri di Drive D: sobat. tepatnya seperti gambar di bawah ini.



Pada gambar di atas virus Sality bersembunyi di Driver d:\system volume information, ketika hal ini terjadi, percuma saja anda melakukan instal ulang, karena virus tersebut akan kembali menginfeksi Drive C: anda.

Berikut ini langkah-langkah menghapus virus sality di komputer, laptop atau notebook :
  1. Download terlebih dahulu sality remover dari AVG klik http://www.avg.com/id-id/remove-win32-sality
    Download utility dari Kaspersky klik http://support.kaspersky.com/viruses/utility (download untuk sality) atau semua bisa di coba.
  2. Download antivirus dari PCMAV klik virusindonesia.com/download-pcmav-express (sobat download juga antivirus untuk ramnit)
Setelah anda mendownload ke tiga antivirus dari masing-masing vendor di atas, cobalah untuk melakukan scan terlebih dahulu dengan avg, setelah selesai scan dari AVG, kemudian scan lagi dengan Kaspersky, setelah selesai selanjutnya scan lagi dengan menggunakan PCMAV.

Ketika proses scan terdapat virus menginfeksi folder C:\Windows\System32, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah instal ulang, karena system operasinya sudah di rusak oleh virus.

Setelah selesai melakukan instal ulang, lakukan scan kembali dengan menggunakan ke tiga software di atas. Cobalah scan menggunakan masing-masing antivirus satu persatu.

NB :

  1. Setelah instal Ulang, hal pertama yang harus di instal adalah antivirus, jadi, gunakanlah antivirus yang TIDAK MENGGUNAKAN CRACK, sebab crack tersebut bisa saja disisipkan virus atau malware. 
  2. Selalu Update Antivirus anda agar tetap berjalan dengan baik, 
  3. Setting antivirus anda agar bisa scan otomatis, ketika anda mencolokkan flashdisk
Demikianlah Cara Menghapus Virus Komputer Dan Laptop ataupun Notebook, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...
loading...