23 Januari 2017

10 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Posted by Glen Hanz Sky

10 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet - Laptop akan menjadi kebutuhan sehari-hari seseorang baik yang bekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar, pengusaha serta anak-anak. Orang banyak yang menggunakan laptop karena memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan komputer. Misalnya saja, laptop dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja.


Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Mungkin anda salah satu orang yang menggunakan laptop dengan seenaknya saja atau sembrono. Memang banyak yang mengabaikan cara pemakaian laptop yang baik dan benar sehingga kadang-kadang kita lupa untuk merawat laptop agar tetap berfungsi dengan baik.

Satu hal yang perlu anda ketahui adalah bahwa kesehatan laptop juga perlu dijaga, selayaknya seperti kesehatan manusia. Jika laptop mengalami kerusakan, pastinya akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya dan apabila laptop mengalami kerusakan yang cukup berat bahkan bisa saja akan menghabiskan uang yang banyak.

Nah, kali ini saya akan berbagi tips kepada anda untuk melakukan perawatan pada laptop anda agar tetap awet, sehingga anda bisa digunakan dalam waktu yang lam. Dan berikut ini anda dapat menyimak beberapa tips merawat laptop agar tetap awet.

10 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

1. Install Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

Banyak orang yang menginstal aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk di install di laptop. Bahkan kalau ditanya kegunaan dari aplikasi yang diinstal, mereka tidak terkadang ada yang tidak tahu.

Jika saja kamu mau lebih teliti, sebenarnya semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin lambat pula kinerja laptop. Maka dari itu saya sarankan agar anda menginstal aplikasi yang penting-penting saja ke dalam laptop anda, sehingga dapat mengurangi beban kerja pada laptop tersebut dan umur laptop kamu pun dapat bertahan lama.

2. Gunakan Software Cleaner

Instal aplikasi cleaner Agar laptop kamu berada dalam performa terbaik terus menerus. Aplikasi ini digunakan untuk membersihkan cache-cache yang ada di laptop kamu dan biasanya paling sering ditemui pada aplikasi browsing.

Lakukanlah kegiatan ini secara rutin, boleh dilakukan seminggu sekali atau jika perlu setiap hari juga tidak apa-apa. Contoh aplikasi cleaner yang banyak digunakan adalah CCleaner. Aplikasi ini dapat anda temukan dengan mencarinya melalui Google.

3. Memasang Antivirus

Sebenarnya antivirus ini merupakan aplikasi yang pertama diinstal setelah melakukan instal ulang sistem operasi. Aplikasi antivirus merupakan tool yang wajib diinstal pada laptop yang berguna untuk melindungi laptop anda terhadap serangan virus yang ganas.

4. Jangan Mendownload File Yang Tidak Penting

Pikirkan dengan baik-baik jika kamu ingin mendownload sebuah file. Download lah file-file yang kamu butuhkan saja. Jangan terlalu sering mendownload file di internet, sebab bisa jadi file itu mengandung virus yang berbahaya dan dapat merusak komponen pada laptopmu.

5. Gunakanlah Cooling Pad

Dengan menggunakan cooling pad, nantinya laptop kamu akan terasa lebih adem. Cooling pad sangat diperlukan jika kamu akan menghabiskan waktu yang lama bersama laptop dengan kesayangan kamu.

Maka sebaiknya gunakanlah Cooling pad (kipas pendingin) untuk melancarkan sirkulasi udara pada laptop. Cooling pad digunakan untuk menstabilkan udara panas yang dihasilkan oleh kinerja komponen laptop.

6. Hapus Startup Application Yang Tidak Penting

Startup application adalah sebuah aplikasi yang berjalan ketika laptop kita baru dihidupkan. Aplikasi inilah yang terkadang sering membuat laptop kita menjadi lambat ketika pertama kali dihidupkan.

7. Jauhkan Dari Benda Yang Bersifat cair

Upayakan jauhkan dari air, karena air bisa merusak komponen laptop. Dalam kondisi hidup maupun dalam kondisi mati usahakan laptop jauh dari air. Jika air tumpah, dan masuk ke komponen pada laptop, maka ini pertanda bahaya pada laptop kamu. Maka itu jauhkanlah laptop dari benda yang sifatnya cair.

8. Letakkan Laptop Pada Tempatnya

Jangan meletakkan laptop dikasur atau ditempat yang empuk di saat laptop menyala. Hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udaranya tidak akan lancar karena rongga-rongga udaranya tertutup. Hal seperti itu akan membuat laptop menjadi sangat panas.

9. Gunakan Sesuai Dengan Kemampuan Laptop

Buat kamu yang hobby game, Pastinya kamu akan berfikir bukan agar dapat mengembalikan  jika laptop mengalami over karena terus dipaksakan untuk bekerja berat.

10. Rawatlah Baterai Laptop Dengan Baik

Inilah yang membuat laptop bisa dibawa kemana-mana, karena laptop memiliki baterai. Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan baterai laptop, silahkan baca artikel cara merawat baterai laptop.

Itulah sedikit tips mengenai cara merawat laptop agar tetap awet. Kamu dapat menguji tips-tips di atas agar laptop kamu tetap dalam performa yang terbaik. Semoga artikel ini dapat membantu dan tentunya dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar