8 Februari 2017

Cara Menggunakan Laptop/Komputer Yang Baik dan Benar Sesuai Prosedur

Posted by Glen Hanz Sky

Pada jaman serba modern seperti sekarang ini, komputer dan laptop tentu saja sudah bukan sesuatu yang luar biasa bagi manusia. Bahkan anda juga tidak perlu memiliki pendidikan khusus jika hendak mengoperasikan perangkat komputer dan juga laptop. Yang perlu anda lakukan hanyalah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel yang saya tuliskan berikut ini.

Cara Menggunakan Komputer Yang Baik Dan Benar Sesuai Prosedur
Sebagai Pengguna komputer pemula Anda sudah dapat memakai komputer ataupun laptop dengan cara memahami perintah sederhana yang terdapat pada perangkat tersebut serta langsung mempraktekkan atau mengoperasikannya.

Tak jarang kebanyakan orang mungkin akan menemukan kesulitan dalam menggunakan komputer ataupun laptop, sebab perintah yang digunakan merupakan bahasa Inggris yang tentu saja tidak semua orang Indonesia tahu akan arti dari perintah-perintah tersebut

Bagaimana Mengoperasikan Komputer?

Belajar Komputer tidak lepas dari cara pengoperasian sebuah komputer, dimana merupakan ada langkah dasar yang harus dikuasai oleh para pemula ketika hendak memakai komputer tersebut. Dan pada artikel kali ini saya akan coba memberikan tips bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan cara yang lebih sederhana agar mudah diaplikasikan dan dilakukan tentunya dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan prosedur.

Adapun cara Menggunakan Laptop ataupun Komputer biasanya terdiri dari tiga tahapan, yaitu Cara Menyalakan Komputer, Cara Menggunakan/Mengoperasikan Komputer serta Cara Mematikan Komputer itu sendiri.

Berikut Cara Menggunakan Laptop/Komputer Yang Baik dan Benar Sesuai Prosedur.

1. Menyalakan Komputer 

Sebelum anda menyalakan komputer, perlu diperhatikan sebelumnya untuk memastikan perangkat-perangkat seperti monitor, mouse, keyboard, dan kabel power dalam keadaan terhubung ke power supply dan juga pastinya Laptop ataupun Komputer sudah di install Sistem Operasi dalam hal ini Windows, Linux, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah Menyalakan Komputer .
  • Tekan tombol power pada Laptop atau CPU Komputer, kemudian tekan juga tombol power yang terdapat pada Monitor Komputer.
  • Tunggu proses loading beberapa saat  hingga muncul jendela tampilan sistem operasi windows, maka Laptop dan Komputer pun sudah siap untuk digunakan.
2. Mengoperasikan Komputer

Setelah komputer menyala, maka untuk tahapan proses selanjutnya adalah mengoperasikan komputer. Tips untuk anda agar bisa lebih cepat menguasai komputer gunakan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda.

Jika anda seorang Penulis yang kebutuhannya hanya untuk mengetik naskah saja, maka anda dapat menggunakan Microsoft Office yang berisikan (Microsoft Word, Excel, Power Point, Access) dan bila anda ingin mengirim E-mail anda dapat menyambungkan koneksi internet dan mendaftarkan nama email anda menggunakan, Gmail, Ymail, dan lain sebagainya.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan Software Design seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, 3D, dan lain-lain jika anda adalah seorang Desainer agar anda dapat lebih fokus terhadap aktivitas design anda,  Sedangkan bila Anda seorang Programmer, maka Anda bisa menggunakan Java, PHP, Visual Basic, C++, C#, dan lain sebagainya.

3. Mematikan Laptop/Komputer

Untuk mematikan komputer atau biasa dikenal dengan istilah Shutdown, anda dapat mengikuti langkah-langkah mematikan laptop berikut ini:

  • Terlebih dahulu tutuplah semua aplikasi yang masih terbuka atau yang sudah tidak anda gunakan lagi.
  • Klik Logo (Windows 7) atau menu Start (Windows XP) di pojok kiri bawah.
  • Lalu pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
  • Setelah Laptop atau Komputer benar-benar mati, kemudian untuk komputer anda harus menekan tombol pada monitor, speaker, stabilizer serta perangkat komputer lainnya yang masih menyala.
  • Setelah itu cabut kabel dari stop kontak.
  • Selesai 

Hal yang perlu anda perhatikan adalah mengikuti langkah-langkah di atas secara berurutan. Yaitu menyalakan, mengoperasikan, dan mematikan komputer dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur. Dan ini juga bertujuan memperpanjang usia pemakaian perangkat laptop/komputer Anda, serta menghindari kerusakan yang fatal akibat kesalahan pemakaian.

Semoga Tips dan cara menggunakan laptop/komputer yang baik dan benar sesuai prosedur ini dapat bermanfaat bagi anda pengguna pemula yang masih awam dengan perangkat yang satu ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini. Dan jika anda punya pertanyaan silahkan, tinggalkan pesan anda di kolom komentar yang telah disediakan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar