12 Februari 2017

Fungsi Dan Jenis-Jenis Komputer Server

Posted by Glen Hanz Sky

Fungsi Dan Jenis-Jenis Komputer Server - Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki beberapa komponen didalamnya dan saling bekerja sama antara komponen satu dengan komponen yang lainnya untuk menghasilkan berbagai macam informasi berdasarkan program dan data yang telah ada. Lantas apakah yang membedakan komputer biasa dengan komputer server?

Komputer Server
Pengertian Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu yang dapat diakses oleh komputer client yang terhubung pada sebuah jaringan komputer. Sistem Operasi yang digunakan pada server adalah sistem operasi jaringan (network) operating system yang menyediakan pelayanan tertentu yang berjalan dalam jaringan, baik itu dalam jaringan internet atau intranet.

Fungsi Komputer Server

Fungsi komputer server dalam jaringan komputer adalah sebagai komputer yang berguna untuk mengontrol jaringan sehingga komputer client yang terhubung sangat memungkinkan untuk dikendalikan oleh komputer server.

Apa itu Komputer Server?

Komputer Server adalah Komputer yang berisikan sistem operasi jaringan (network operating system) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan database, yang mana data-data yang terdapat didalamnya bisa diakses oleh komputer lain yang terhubung sebagai client.

Perbedaan Komputer Biasa dengan Komputer Server

Komputer Server membutuhkan prosesor dan juga Memori atau RAM yang cukup besar, sebab komputer tersebut akan menjadi satu-satunya akses bagi banyak komputer client, yang pastinya akan membuat server bekerja secara maksimal.

Dalam pemakaiannya komputer server biasanya akan beroperasi selama 24 jam penuh tanpa berhenti. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan.

Sedangkan Komputer Biasa tidak membutuhkan spesifikasi yang besar dan juga tidak perlu digunakan selama 24 jam, sebab biasanya kita hanya menggunakannya sesuai dengan kebutuhan saja.

Jenis-Jenis Komputer Server :

- Groupware Server
- FTP Server
- IRC Server
- Mail Server
- Daftar Server
- Server Berita
- Telnet Server
- Proxy Server
- Web Server
- Server Platform
- Server Virtual
- Server Application
- Server Obrolan
- Server Audio / Video
- Server Fax

Demikianlah fungsi dan jenis-jenis komputer server yang sangat layak untuk anda pahami. Sehingga anda dapat mengetahui apa sebenarnya kegunaan komputer server dan bagaimana cara untuk mengoperasikan komputer server tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan anda, sehingga anda sekarang sudah bisa membedakan antara komputer biasa dengan komputer server. Jika anda punya pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan anda dikolom komentar yang telah disediakan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar