10 Februari 2017

Cara Memperbaiki Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Monitor (No Signal)

Posted by Glen Hanz Sky

Cara Memperbaiki Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan Di Monitor (No Signal) - Komputer tentu saja selalu berkaitan dengan sebuah monitor. Yang mana monitor sebagai alat output yang berperan untuk menampilkan hasil kerja dari komputer tersebut.

Tampilan Monitor "No Signal"
Mungkin teman-teman pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri, bahwa ada banyak sekali masalah kerusakan yang sering terjadi pada komputer, mulai dari masalah software hingga hardware. Jika kerusakan terjadi pada software mungkin akan lebih mudah untuk mengatasinya, akan tetapi jika kerusakan tersebut terjadi pada hardware, tentu saja bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan mengenai hardware akan terasa sulit untuk mengatasinya dan bahkan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit..

Nah, Kali ini kita yang akan saya bahas adalah beberapa masalah kerusakan yang sering terjadi pada komputer, namun ada beberapa yang bisa kita tangani sendiri, yaitu tentang bagaimana cara mengatasi komputer nyala tapi tidak ada tampilan di layar monitor (no signal).

Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Tetapi Tidak Tampil Di Monitor

Langkah-Langkah yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan perbaikan terhadap komputer yang hanya menampilkan tulisan di layar (no signal) atau untuk memastikan kerusakan yang terjadi pada perangkat komputer anda adalah sebagai berikut :

1. Cek Kabel VGA komputer

Masalah ini sering sekali menjadi penyebab utama pada saat komputer menyala, namun yang muncul hanya tulisan (no signal) saja.  Yang mana kabel VGA memiliki fungsi sebagai penghubung antara komputer dengan monitor.

Nah, kemungkinan kabel VGA kurang kuat sewaktu anda menghubungkannya ke soket VGA yang ada dibelakang CPU. Yang perlu anda lakukan adalah pastikan bahwa kabel VGA telah tertancap dengan benar. Dan jika anda sudah melakukannya dengan bena, tapi komputer masih saja belum tampil, sebaiknya coba dengan mengganti kabel VGA terlebih dahulu.

Cobalah pinjam kabel VGA komputer milik teman anda sebelum anda membeli kabel yang baru untuk memastikan bahwa masalah terdapat pada kabel. Dan jika tampilan pada komputer tetap saja sama, maka anda dapat melanjutkan proses pengecekan berikutnya.

2. Cek Kondisi Memory (RAM)

Random Access Memory (RAM) juga sangat berperan penting untuk menampilkan perintah kerja pada layar monitor. Sebab tanpa adanya RAM maka CPU tidak akan dapat beroperasi dengan baik dan benar sesuai prosedur. Dan biasanya permasalahan yang sering terjadi yaitu, pada saat menancapkan RAM ke soket kurang tepat atau dengan kata lain tidak benar-benar klop (kurang kencang) masuk ke slot yang benar.
  • Untuk langkah pertama, cobalah lepaskan RAM dari slotnya, lalu bersihkan RAM terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel. 
  • Kemudian pasang kembali RAM pada slot yang sama dengan memperhatikan soket yang benar. 
  • Nyalakan kembali komputer dan tunggu beberapa saat. 
  • Jika masih belum ada tampilan apapun pada layar monitor maka lakukan langkah selanjunya.
  • Coba lepaskan RAM dari slot, kemudian pasang kembali RAM pada slot yang berbeda. 
  • Lalu nyalakan kembali komputer, 
Semoga  dengan langkah-langkah di atas permasalahan pada RAM dapat terselesaikan. Jika permasalahan tetap masih berlanjut, lakukan pengecekan selanjutnya.

3. Cek VGA On Board

On Board adalah istilah untuk sebuah komponen yang letaknya tepat berada di dalam casing motherboard. Jadi dapat disimpulkan bahwa VGA on board adalah VGA bawaan dari motherboard yang tidak bisa diganti. Jika VGA on board bermasalah, anda bisa menggantinya dengan memasang VGA tambahan atau Eksternal yang biasa disebut dengan istilah VGA Card. VGA Card biasanya dapat dipasang pada slot PCI dan AGP.

Nah, demikianlah cara memperbaiki komputer nyala tapi tidak ada tampilan di Monitor (No Signal). Dan semoga saja dari langkah-langkah percobaannya diatas dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer anda, dan permasalahan tersebut masih tetap berlanjut berarti ada kerusakan yang serius pada motherboard komputer anda.

Untuk solusinya anda dapat menghubungi teknisi terdekat yang ada disekitar lingkungan anda, atau anda dapat mempercayakan kepada tim IT Siantar untuk memperbaiki kerusakan pada komputer anda. Dengan menghubungan halaman Kontak yang tersedia disitus website ini.

Dan akhir kata saya ucapkan selamat mencoba dan semoga tips cara memperbaiki komputer (no signal) ini dapat bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung di situs website ini.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...
loading...