11 Februari 2017

Mengenal Power Supply Komputer

Posted by Glen Hanz Sky

Mengenal Power Supply Komputer - Setiap perangkat keras (hardware) yang terdapat Komputer pastilah membutuhkan arus listrik untuk dapat mengaktifkan seluruh komponen yang terdapat dalam CPU komputer. Namun tahukah anda bahwa komponen hardware yang terdapat di dalam CPU diaktifkan oleh Power Supply.

Power Supply Komputer
Apa itu Power Supply?

Power Supply adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang tugasnya untuk menyuplai (mengaktifkan) tenaga yang berasal dari tegangan arus listrik ke perangkat hardware yang lainnya. Power supply biasanya terdapat pada CPU komputer yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung terhadap seluruh perangkat keras yang terdapat didalam CPU.

Perangkat yang dapat dialiri tegangan listrik tersebut adalah kipas motherboard, prosessor, harddisk, CD/DVD Room, dan lain sebagainya. Power supply sendiri mempunyai input dari tegangan yang memiliki arus Alternating Current (AC), lalu mengubahnya menjadi arus Direct Current (DC) yang kemudian menyalurkannya ke berbagai hardware yang ada di komputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang dibutuhkan untuk perangkat keras agar dapat beroperasi. AC dapat diartikan sebagai arus yang berlawanan sedangkan DC diartikan sebagai arus yang searah.

Pengertian Power Supply 

Power supply merupakan alat bantu converter tegangan listrik pada komputer yang berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang memiliki arus AC ke arus DC, sehingga seluruh komponen hardware yang membutuhkan tegangan listrik berarus DC bisa mendapatkan tegangan listrik yang diberikan oleh power supply ini.

Menurut jenisnya, Power Supply dibagi menjadi 2 jenis yaitu: 

1. Power Supply AT
2. Power Supply ATX.

Perbedaan Power Supply AT dan ATX

1. Power Supply AT

Power Supply AT adalah power supply type lama yang digunakan pada komputer XT, AT 286-386-486-Pentium, Pentium II dan sebagian Pentium III. Jenis AT ini digunakan sejak pertama kali adanya komputer. Untuk komputer zaman sekarang mungkin sudah tidak akan lagi yang menggunakan power supply jenis ini, sebab power supply ini tidak mampu memberikan daya listrik yang cukup. Bahkan untuk sistem pengoperasiannya juga terbilang masih manual, sebab masih harus menekan tombol power ON dan OFF untuk menyalakan dan mematikannya.

2. Power Supply ATX

Power Supply ATX merupakan power supply untuk komputer masa kini yang dilengkapi dengan power switch atau biasa disebut dengan autoshutdown. Power Supply ATX ini mempunyai daya listrik yang tinggi, sehingga mampu memenuhi tenaga listrik standart yang terdapat pada komputer masa kini. Bahkan untuk sistempengoperasiannya pun juga sudah otomatis, serta ada juga konektor power SATA sebagai tambahannya.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai mengenal power supply komputer, pengertian power supply, serta jenis-jenis dari power supply. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Dan jika anda rasa artikel ini berguna buat teman-teman anda yang lainnya, jangan lupa untuk share (membagikan) ke sosial media anda agar bermanfaat bagi orang banyak.

Dan jika anda punya pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar anda dikolom yang telah tersedia, maka saya akan dengan senang hati untuk menjawab setiap pertanyaan yang anda berikan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar