11 Februari 2017

Cara Menggunakan Fitur Instagram Live (Siaran Langsung) Stories Video

Posted by Glen Hanz Sky

Cara Menggunakan Fitur Instagram Live (Siaran Langsung) Stories Video - Untuk melakukan siaran langsung (live streaming) setiap hari sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit. Bahkan sudah banyak sekali aplikasi sosial media yang telah melengkapi fitur live video pada layanannya.

Instagram Live Stories
Dan kali ini, fitur live video (siaran langsung) yang telah ditambahkan pada aplikasi Instagram, dimana fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk dapat menyiarkan secara langsung aktivitas yang kita lakukan selama durasi satu jam.

Fitur live video yang terdapat pada Instagram ini bersama juga termasuk dalam Instagram Live Stories. Yang akan memberikan informasi bahwa proses untuk memulai sebuah siaran dan pemberitahuan atau notifikasi akan dimunculkan pada tab Instagram Stories.

Apa itu Instagram Live Stories?

Instagram Live Stories adalah salah satu Fitur utama dimana para pengguna dapat melakukan live video atau yang lebih sering disebut siaran langsung. Pada fitur Instagram Live Stories ini juga sangat mirip dengan Facebook Live dan Periscope. Akan tetapi Instagram membuatnya sedikit berbeda.

Bila Facebook Live dapat tersimpan secara permanen dan Periscope bisa dilihat kembali selama 24 jam. Berbeda halnya dengan di Instagram Stories, dimana video yang tayang akan menghilang setelah siaran langsung usai.

Bagi anda yang berminat untuk mulai melakukan siaran langsung, yang perlu anda lakukan adalah dengan menggeser layar halaman utama pada Instagram ke arah kanan. Pada halaman utama, anda akan berada di halaman Instagram Stories. Awalnya yang tersedia hanya pilihan perekam video Instagram Stories secara normal pada halaman ini. Kemudian, Instagram mulai menambahkan fitur boomerang. dan selanjutnya Instagram pun kembali menambah fitur ketiga, yaitu fitur live video atau yang lebih dikenal dengan istilah siaran langsung.

Cara Menggunakan Fitur Instagram Live Stories

Untuk dapat menggunakan fitur Instagram Live (Live Video) tekan tombol memulai yang berada di bagian tengah bawah, maka anda pun dapat langsung mulai melakukan siaran. Lalu perekaman live video akan mulai berjalan.

Selanjutnya, Notifikasi (Pemberitahuan) saat pengguna melakukan siaran, maka akan muncul pada bar Instagram Stories di sisi atas halaman utama dan di bawah foto profil pengguna akan muncul tulisan "Live."

Lalu followers atau teman-teman dari pengguna dapat menonton video siaran langsung tersebut. Kemudian para penonton pun dapat ikut memberikan komentar serta notifikasi dalam siaran itu dan notifikasi yang dikirimkan para penonton pun akan muncul di bagian sebelah kiri bawah layar.

Namun, yang berbeda dari Live Video lainnya, dimana pengguna dapat memilih mode untuk tidak mengaktifkan opsi komentar ketika melakukan siaran. Maka penonton yang sedang melihat anda tidak dapat memberikan tanggapan atas video yang sedang disiarkan, jika opsi komentar dimatikan, .

Sebagai pengguna, anda juga dapat melihat layar ponsel sisi kanan atas, ada berapa banyak orang yang sedang menyaksikan siaran anda tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa Instagram tidak merekam tayangan live (siaran langsung) video dan menempatkannya di halaman mana pun. Itu artinya pada saat siaran selesai dilakukan, video yang ditayangkan dengan sendirinya akan menghilang.

Seperti yang dirilis langsung Instagram yang menyatakan bahwa fitur live video tersebut akan tersedia bagi semua pengguna Instagram yang ada di seluruh dunia. Akan tetapi fitur ini akan sampai ke semua pengguna secara bertahan dalam beberapa pekan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar