27 November 2016

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Harus Anda Tahu

Posted by Glen Hanz Sky

Laptop adalah jenis komputer bergerak memiliki ukuran yang relatif kecil dan ringan, yang beratnya berkisar dari 1 s/d 6 kg. Laptop dapat diartikan sebagai "komputer jinjing" dan paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengolah data yang tersimpan di dalam sebuah Hard Disk.

Nah kali ini, saya akan coba untuk membahas tentang Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Harus Anda Tahu yang sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini bertujuan agar anda dapat dengan tepat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Artikel ini sengaja saya tuliskan untuk membantu orang-orang yang ingin membeli sebuah laptop, karena mungkin masih banyak diantara kalian yang saat ini sedang kebingungan untuk memilih mana laptop yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

Menurut saya jika anda hendak membeli atau mencari laptop, sama halnya juga seperti pada saat anda ingin mencari pasangan.

Kenapa saya katakan begitu?

Karena dalam memilih laptop, bukan hanya berdasarkan bentuk fisik atau pun tampilan luarnya saja, akan tetapi perlu juga diperhatikan apakah laptop tersebut tepat dengan kebutuhan kita. Tepat disini maksudnya, tepat dalam pemakaian, kenyamanan, dan juga pas harganya untuk ukuran kantong kita.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Harus Anda Tahu

Sebelum saya menjelaskan ke inti materi, terlebih dahulu saya akan kasih sedikit perbedaan Laptop dengan Netbook dan juga Notebook.

Netbook biasanya memiliki ukuran layar hanya berkisar 6-13 inchi, dan tentu saja tidak memiliki spesifikasi yang tinggi seperti laptop, karena kebanyakan netbook hanya ditanamkan processor kelas menengah kebawah, dan juga notebook memiliki ciri khusus yaitu tidak dibekali dengan DVD-ROM.

Notebook sendiri biasanya memiliki ukuran layar berkisar 13.1-18 inchi dan spesifikasi yang ditawarkan sudah cukup memadai dan bahkan hampir setara dengan PC biasa, notebook juga dilengkapi dengan processor yang cukup memadai, hard disk yang lumayan cukup besar kapasitasnya.

Akan tetapi biasanya ada juga yang dibekali dengan DVD-ROM, akan tetapi tidak semua notebook dibekali dengan DVD-ROM, itu karena tuntutan dalam segi bentuk ketipisan dari notebook itu sendiri.


Sedangkan laptop kebanyakan memiliki ukuran lebih besar daripada netbook dan notebook, yang mana ukuran layarnya berkisar diatas 18 inchi dan tentunya memiliki berat yang jauh lebih besar. Namun sekarang ini, sangat sulit untuk membedakan yang mana laptop, yang mana notebook?

Menurut saya pribadi notebook merupakan regenerasi dari laptop itu sendiri, atau dengan kata lain bahwa notebook adalah bentuk laptop dimasa sekarang ini.

Itulah sekilas penjelasan yang dapat saya berikan kepada anda, dan sekarang langsung aja saya akan memberikan tips memilih laptop berkualitas yang harus anda tahu. Simaklah penjelasan dibawah ini.

Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Harus Anda Tahu

1. Sesuaikanlah Dengan Kebutuhan Anda

Terlebih dahulu Anda harus mengetahui laptop yang anda beli nantinya akan digunakan untuk apa saja. Untuk mempermudah pilihan anda, saya bagi ke dalam tiga kategori utama yaitu :

a. Laptop Kantoran

Untuk kebutuhan-kebutuhan ringan seperti browsing, buat tugas kantor, dengerin musik, atau hanya sekedar untuk bermain game ringan saja. Anda tidak perlu membutuhkan spesifikasi yang tinggi, dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja sudah dapat memenuhi anda seperti keperluan yang berhubungan dengan office.

b. Laptop Desain Grafis

Biasanya laptop dengan spesifikasi ini berhubungan dengan grafik dan warna dan hanya sesekali digunakan untuk kebutuhan ketik-mengetik menggunakan microsoft word, bahkan kadang-kadang juga digunakan untuk memainkan game tingkat menengah. Laptop ini juga biasanya sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja.

c. Laptop Gaming

Jenis laptop yang satu ini  biasanya lebih banyak digunakan untuk kebutuhan bermain game-game berat dengan jangka waktu cukup lama, sehingga membutuhkan performa yang benar-benar stabil, baik dari segi kualitas tampilannya yang jernih dan juga tajam. Bahkan digunakan menonton film dengan kualis tinggi (HD).

2. Jenis Laptop

Anda perlu juga memperhatikan jenis dari laptop seperti apa yang nantinya akan anda beli, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan juga budget yang anda punya pastinyaya. Misal kita butuh jenis laptop kelas gaming.

Maka sesuaikan dulu sama budget yang ada di kantong anda, karena pastinya laptop jenis gaming biasanya mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, dan tentu saja harga yang ditawarkan pun pastinya lebih mahal ketimbang laptop standar.

Jangan lupa juga untuk melihat Merk dari latpop tersebut, karena merk juga tak kalah penting untuk menjadi salah satu acuan dalam menentukan pilihan anda pada saat akan membeli laptop. Carilah merk-merk yang sudah teruji kualitasnya serta banyak review positif yang telah disampaikan oleh beberapa orang yang telah menggunakan laptop tersebut.

Kita ambil saja contohnya Toshiba yang terkenal sebagai laptop dengan kualitas tahan banting dan juga mempunyai umur pakai yang relatif lebih lama ketimbang brand-brand lainnya. Namun laptop dengan merk Asus juga sudah memiliki layanan service terbaik di masing-masing kelasnya.

3. Garansi & Service

Garansi atau yang lazim disebut "warranty" dalam bahasa inggris adalah surat keterangan dari suatu produk yang dikeluarkan oleh pihak produsen yang menjamin atau memberikan jaminan terhadap produk-produk tersebut bebas dari kesalahan perangkat atau pun kegagalan bahan-bahan pembuatannya dalam jangka waktu tertentu.

Garansi menjadi salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam memilih laptop, dimana biasanya lama waktu dari garansi tersebut dapat pula anda jadikan sebagai acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Saya ambil saja sebuah contoh laptop dengan merk Asus, yang berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun.

Atau bisa juga merk Dell dengan garansi yang diberikan, dimana ketika laptop Anda mengalami kerusakan, bakalan diganti dengan laptop baru.

Jika anda hendak membeli laptop jangan lupa juga untuk memastikan bahwa ketersediaan dari service center tempat anda membelinya memungkinkan untuk anda jangkau ketika kedepan laptop anda mengalami masalah dan usahakanlah agar letak service center tersebut tidak jauh dari tempat tinggal anda atau dengan kata lain masih berada di kota kalian, sehingga kerusakan atau kendala yang alami bisa cepat diatasi.

4. Harga Jual Kembali

Sebelum anda membeli laptop ada baiknya carilah terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop yang punya harga jual kembali tidak terlalu anjlok, karena bukan tidak mungkin, suatu saat nanti jika anda berniat untuk menjualnya lagi dan membeli laptop keluaran terbaru yang lebih canggih, atau mungkin saja karena sudah bosan menggunakan laptop lama anda.

5. Periksa Kembali Sebelum Meninggalkan Toko

Ketika anda hendak membeli laptop di toko. Tips yang satu ini termasuk sangat penting, karena untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan nantinya.

Banyak pengalaman teman-teman saya ketika mereka membeli laptop, lupa melakukan pengecekan kembali terhadap laptop yang sudah dibeli, ternyata ada bagian dari tuts pada keyboard laptop yang rusak.  Padahal bagian tuts keyboard tersebut tidak memiliki garansi, sehingga anda harus dibebankan biaya untuk menggantinya, sehingga menambah pengeluaran anda.

Demikianlah Tips Memilih Laptop Berkualitas Yang Harus Anda Tahu, semoga artikel yang saya tuliskan ini dapat berguna bagi anda yang ingin membeli laptop yang memiliki kualitas yang baik, serta sesuai dengan kebutuhan anda. Jadilah pembeli yang cerdas, agar anda nantinya tidak salah memilih. Semoga bermanfaat :D

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar