24 November 2016

Cara Mencegah Dan Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Posted by Glen Hanz Sky

Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang secara sistematis bekerja sebagai media penyimpanan data. Dimana anda dapat menyimpan data-data anda yang di dalam komputer/laptop didalam sebuah hardisk.

Hardisk sendiri ada dua jenis, yakni hard disk internal dan hard disk eksternal. Namun perangkat keras yang satu ini sangat sensitif sekali dengan kerusakan yang biasa di kenal dengan sebutan bad sector.

Apa itu Bad Sector?

Bad Sector adalah kondisi dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan lagi sebagai tempat penyimpanan data maupun kegagalan OS dalam mengaksesnya. Hal ini biasanya terjadi disebabkan oleh beberapa hal, contohnya adanya koneksi yang putus pada saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan.


Jika anda ingin mencegah terjadinya bad sector berikut saya akan bagikan tipsnya kepada anda, Namun perlu anda ketahui proses pengecekan kerusakan (bad sector) pada hard disk bisa berlangsung cukup lama, oleh sebab itu, anda perlu menggunakan fitur bawaan komputer ini ketika anda tidak sedang menggunakan komputer.

Berikut saya akan memberikan beberapa tips untuk mencegah agar hardisk anda terhindar dari bad sector:

Cara Mencegah Hardisk Bad Sector
  1. Terlebih dahulu anda harus memastikan suhu pada komputer anda tetap dingin, dan upayakan agar anda membersihkannya dari debu-debu yang menempel
  2. Matikan (Shutdown) komputer dengan cara yang benar
  3. Gunakan Power Supply (PSU) berkualitas untuk menjaga arus listrik tetap stabil
  4. Jangan sesekali menggoncangan-goncangkan pada komputer/laptop anda untuk mencegah terjadinya head crash
  5. Pakailah antivirus yang selalu update agar dapat melindungi komputer anda dari serangan malware
  6. Pakailah software disk defragmenter agar terhindar dari bad sector
Nah, itulah beberap tips yang dapat anda lakukan pada hardisk untuk mencegah terjadinya bad sector. Tapi jika Hard Disk anda sudah terlanjur terkena bad sector, ada baiknya anda menyimak penjelasan dibawah ini.

Ada 2 jenis bad sector pada hardisk, yaitu "Hard Bad Sector" dan 'Soft Bad Sector'.

Hard Bad Sector tidak bisa diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk tersebut, Hard bad sector biasanya disebabkan oleh 'Head crash', yaitu dikarenakan head pada hardisk mengalami kontak terhadap platter sehingga menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk.

Sedangkan soft bad sector masih dapat diperbaiki dengan menggunakan beberapa software bawaan dari windows, yaitu dengan 'Chkdsk'. Berikut cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan 'Chkdsk'.

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector
  1. Buka windows explorer atau Klik Kanan pada "Start" (Logo Windows)
  2. Pilih Open Windows Explorer
  3. Klik kanan pada drive hard disk yang akan anda cek lalu pilih properties
  4. Klik tab 'Tools' lalu pada bagian error checking, lalu pilih 'Check now"
  5. Centang kedua pilihan lalu pilih 'Start'
  6. Tunggulah sampai proses selesai
  7. Setelah itu komputer anda akan otomatis restart
Demikianlah cara untuk Mencegah Dan Memperbaiki Hard Disk yang terkena Bad Sector. Semoga tips yang saya bagikan kepada anda dapat bermanfaat.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar