21 Oktober 2016

10 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membuat Website Yang Baik

Posted by Glen Hanz Sky

Hal yang paling utama yang sangat penting dalam membuat sebuah situs website yang baik adalah memiliki alamat URL yang baik juga. Jika anda berencana untuk membuat website terlebih dahulu pastikan nama yang sesuai dengan citra dari situs Anda baik itu bisnis, sekolah, perusahaan, dan lain sebagainya.

Usahakan agar situs anda memiliki ejaan yang tepat yang mudah untuk di ingat sehingga mampu menarik banyak pengunjung untuk berkunjung ke situs anda dan carilah nama domain yang kreatif dan menarik.

Bagaimana Membangun Website Yang Baik?


Setelah Anda menentukan nama website yang tepat, selanjutnya adalah saat untuk membangun untuk membangun reputasi yang baik. Berikut ini ada 10 hal yang penting untuk Anda ketahui agar situs website anda dapat memberikan kesan yang baik di mata user serta menonjolkan kekuatan brand Anda.



10 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membuat Website Yang Baik

1. Logical User Flow

Sebuah website tentu saja harus memiliki sebuah tampilan yang menarik yang akan membuatnya sangat mudah pada saat akan ditelusuri oleh user. Anda wajib membuat user flow dari website Anda. User Flow (Aturan Pengguna) yang mudah dipahami, bertujuan sebagai user experience dan SEO (Search Engine Optimization).

Hal ini dikarenakan Engine Search Google menganggap konten dan struktur website adalah sebuah hal yang paling penting dalam menentukan ranking website.

Buatlah mapping website (Pemetaan Situs) dan coba untuk menunjukkanya kepada teman-teman anda, mintalah komentar dari mereka tentang situs anda, dan tanyakan apakah kira-kira mereka sudah paham dengan menu yang ada di website anda?

Jika teman Anda merasa website anda mudah untuk di mengerti, anda bisa saja membuat perkiraan bahwa orang lain juga akan mengerti sehingga akan memudahkan google bot pada saat akan membuat ranking situs anda muncul di pencarian utama.


2.  Informasi Penting Bisnis Anda

Banyak kesalahan yang mungkin sering diabaikan ketik seseorang hendak membuat website yakni membuat website sesuai keinginan mereka sendiri dengan tidak memperhitungkan apakah pengunjung suka dengan tampilan web tersebut maupun menu-menu yang ada didalamnya .

Salah satu tips untuk menyampaikan informasi dan tujuan situs Anda yaitu dengan melakukan perbandingan bisnis Anda dengan bisnis yang lainnya.

Jangan ragu untuk membuat sebuah ringkasan yang padat dan jelas, karena jika anda terlalu banyak menggunakan perulangan kalimat, pengunjung pastinya merasa website anda tidak profesional, jadi usahakan untuk mencari kosa kata yang tepat.

Saya ambil sebuah contoh, misalkan Anda adalah seorang retailer, tentunya selain informasi dari produk-produk anda pastinya diperlukan juga gambar untuk membuat tampilan informasi website anda menjadi lebih menarik,

3. Informasi Kontak

Dengan adanya halaman Informasi Kontak di dalam situs web anda. Akan membuat pengunjung yang ingin berinteraksi langsung, dapat dengan mudah menghubungi anda. Mungkin Anda pernah merasakan bagaimana rasanya jika anda sulit menghubungi kontak informasi yang berada pada website yang Anda kunjungi, Pasti akan merasa bingung bukan?

Jadi hindarilah hal serupa agar tidak terjadi pada pengunjung website Anda. Buatlah tampilan yang dapat dilihat dengan jelas dan berisikan form kontak informasi situs seperti nomor telepon, email, alamat, Pin BB, WhatsApp, dan Media Sosial lainnya.

Gunakan teks untuk informasi Anda, jangan memakai gambar sebagai kontak. Jika anda menggunakan gambaran hal ini pastinya akan menyusahkan pengunjung untuk menyalin informasi Anda. Alamat email haruslah dapat dengan mudah di copy sehingga memudahkan pengunjung jika hendak mengirimkan email kepada Anda.

Jika Anda tidak ingin merasa terganggu dengan komunikasi telepon, Anda dapat memberikan kontak email saja. Akan tetap anda harus dapat memastikan kalau Anda dapat segera untuk membalasnya. Gunakanlah domain website Anda sebagai email perusahaan agar terlihat lebih profesional.
Contoh : admin@lensawarga.com, dan sebagainya.

4. Navigasi Mudah di Mengerti

Buatlah agar website Anda bisa dengan mudah ditelusuri,  gunakan  nama yang familiar dan logika, seperti Kontak, Tentang Kami, FAQ, Kategori, Menu, Pos Terkait, dan sebagainya. Ini bertujuan agar pengunjung betah berlama-lama di situs anda.

Bila perlu buatlah sebuah "learn more" yang menjelaskan kepada pengunjung untuk mempelajar tampilan dari situs website anda.

5. Keamanan

Jika Anda menjual produk-produk secara Online. Untuk melindungi situs dari serangan hacker lakukan penjagaan pada website dengan menggunakan sertifikat SSL. Dimana SSL nantinya akan mengenkripsikan komunikasi antara Anda dengan customer.

Contoh: nomor kartu kredit, nomor KTP) yang kan mengatasi ketakutan para calon customer dalam memberikan informasinya yang sejelas-jelasnya.


6. Integrasi Dengan Media Sosial

Usahakanlah agar website Anda terintegrasi dengan banyak platform media sosial yang ada saat ini, seperti twitter, facebook, tumblr, youtube, linkedIn, dan lain-lain, sebagai suatu cara untuk promosi, karena media sosial memiliki peranan penting bagi dunia marketing saat ini.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan SEO serta menjaring beberapa customer baru. Namun perlu diingat bahwa hal ini juka sangat berkaitan dengan konten-konten terbaru yang selalu update secara berkala.

7. Mendukung Mobile Application

Smartphone dan tablet sangatlah mempengaruhi  kenaikan web traffic saat ini, dan beberapa website berkembang menjadi aplikasi mobile. Andy Chu, direktur Bing for Mobile mengatakan " 70% pekerjaan dapat selesai dalam jangka waktu 1 jam , dan dilakukan melalui mobile sites."

Ini berarti bahwa sekarang orang-orang browsing web menjadi intens karena dukungan devices saat ini. Jadi, buatlah website Anda dapat dibaca di handheld devices.

Sampai dengan 2 tahun lalu, design suatu web berarti mendesain untuk dapat dibaca sebuah computer, namun sekarang berarti mendesain untuk semua yang berhubungan dengan internet, seperti laptop, tablets, smartphone, dan semua yang memiliki ukuran yang berbeda.

Bagaimana caranya? Buatlah suatu design yang responsive. Sebuah website yang responsive akan memudahkan website anda untuk menyesuaikan ukuran layar dimana website tersebut dibuka.

8. FAQ

Kebanyakan orang pastinya akan mempunyai pertanyaan tentang semua hal pada website Anda, jadi untuk memudahkan dapat dapat selalu menjawab pertanyaan pengunjung yang masuk pada email Anda, Buatlah sebuah rangkuman dari pertanyaan mereka, dan buatlah list serta jawabannya.

9. Hosting Yang Tepat

Pilihlah jasa pelayanan Hosting yang memiliki kecepatan server yang handal, karena ini berkaitan erat untuk menjaga para pembaca setia situs anda agar merasa mudah untuk mendapatkan setiap informasi yang ada di website anda.

10. Jangan Menggunakan Fitur yang Terlalu Banyak

Buatlah tampilan Website anda sesimple mungkin. Jangan pasang fitur-fitur yang sebenarnya tidak anda perlukan. Jangan memasang Widget yang berat seperti, Musik, Flash. Apapun yang bersifat autoplay.

Demikianlah 10 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membuat Website Yang Baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Dan akhir kata saya ucapkan selamat mencoba dan semoga sukses :D

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar