15 Desember 2016

Kode Pencarian Data MySQL dengan Visual Basic 2010/VB.Net

Posted by Glen Hanz Sky

Kode Pencarian Data MySQL dengan Visual Basic 2010/VB.Net - Jika kita membuat suatu program, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya insert, update, delete. Namun ada satu hal yang tidak kalah penting dengan itu semua, yaitu search atau pencarian dengan vb.net.

Kegunaan dari pencarian ini adalah untuk melakukan pencarian pada data sehingga pengguna program dapat dengan mudah menemukan data yang diperlukan tanpa harus memeriksanya satu per satu.

Bayangkan saja bila ada seribu lebih baris data dan pengguna program ingin menemukan sebuah data yang yang dibutuhkan untuk diubah atau dihapus, pastinya memakan waktu yang lama untuk melakukan pemeriksaan satu per satu. Untuk menangani kasus ini saya hadirkan pencarian untuk data mysql dengan visual basic 2010/VB.Net.

Pencarian Data MySQL dengan Visual Basic 2010/VB.Net

Untuk membuat pencarian untuk data mysql dengan visual basic 2010/VB.Net saya menggunakan komponen combobox sebagai penampung field yang digunakan sebagai kriteria pencarian, sebuah textbox untuk menampung data yang akan dicari sesuai kriteria dari combobox dan disini pula akan diletakkan kode pencarian, sebuah datagridview yang digunakan untuk menampilkan data hasil pencarian.

Baiklah yang pasti anda sudah mempersiapkan semua komponen yang dibutuhkan. Kemudian ikuti langkah berikut ini agar program anda dapat melakukan pencarian data mysql dengan visual basic 2010/vb.net.
  1. Tambahkan item combobox sesuai dengan field pada tabel database anda
  2. Masukkan kode berikut ini pada textbox anda

     combobox1.text + " like ""%" + textbox1.text + "%""", Conn)   
     dim DS as New DataSet  
     DA.Fill(DS, "[namatabel]")  
     Datagridview1.DataSource = DS.Tables("[namatabel]")  
    
  3. Silahkan perhatikan kode berwarna merah yang saya berikan, dan ganti sesuai keperluan anda
  4. Coba jalankan program anda, jika semua benar maka akan berjalan sesuai keinginan anda
Demikianlah artikel kali ini tentang cara membuat kode pencarian data mysql dengan visual basic 2010/VB. Net. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar