15 Desember 2016

Cara Mengkoneksikan Visual Basic 2010 dengan Database MySQL

Posted by Glen Hanz Sky

Cara Mengkoneksikan Visual Basic 2010 dengan Database MySQL - Visual Basic 2010 adalah software yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi untuk windows mulai dari taraf rendah hingga tinggi sekalipun. Kebanyakan aplikasi yang dibuat dengan visual basic ini menggunakan database untuk penyimpanannya.

Disini saya menggunakan database MySQL. MySQL adalah software yang dapat digunakan untuk membuat database. Jadi disini kita akan memulai membuat aplikasi dengan Visual Basic 2010 dan database MySQL. Tahap awal dari aplikasi ini adalah harus bisa dikoneksikan ke database server ini.

Log MySQL

Untuk mengkoneksikan Visual Basic 2010 dengan database MySQL server dibutuhkan software mysql connector net, ini bisa anda download di web resmi mysql atau klik disini. Kita asumsikan disini jika mysql connector, visual basic 2010, mysql server (disini saya gunakan xampp) anda sudah terinstall. Perlu diperhatikan bahwa status mysql anda sudah run dan anda sudah menjalankan visual basic 2010 anda. Kemudian ikuti langkah yang saya berikan dibawah ini.

Mengkoneksikan Visual Basic 2010 Dengan Database MySQL

1. Buat sebuah project dengan nama "Test_Koneksi", caranya Klik menu File > New Project, kemudian klik OK

Gambar: Menambahkan Project Baru Visual Basic 2010

2. Tambahkan referensi "mysql data" pada project anda, caranya klik menu project > add reference > tab .Net > Cari Mysql Data > Klik Ok

Gambar: Menambahkan Reference Mysql.Data pada Microsoft Visual Basic 2010

3. Tambahkan sebuah modul kedalam project anda, caranya klik menu project > add module, beri nama "modulkoneksi" klik add


4. Ketikkan kode berikut di modul anda.

  Imports MySql.Data.MySqlClient  
  Module modulkoneksi  
    Public Conn As MySqlConnection  
     Public Sub koneksikan()  
       Dim SQLConn As String  
       SQLConn = "server=localhost;Uid=root;Pwd=;Database="  
       Conn = New MySqlConnection(SQLConn)  
       If Conn.State = ConnectionState.Closed Then  
         Conn.Open()  
       End If  
     End Sub  
  End Module  

5. Kembali Ke form awal anda yaitu form1. Tambahkan kontrol Button dan ganti text nya menjadi "Koneksikan >>" atau apapun mau anda

6. Double klik pada button untuk menambahkan kode didalamnya, ketikkan kode berikut ini

   koneksikan()  
   msgbox("Koneksi Sukses")  

7. Silahkan anda run program anda untuk menguji apakah sudah work atau masih error kemudian klik Button Koneksikan, jika semua langkahnya sudah anda ikuti, pasti kita akan mendapat hasil yang sama Lihat Gambar dibawah.

Gambar : Koneksi Sukses Visual Basic 2010 dengan Mysql

Perlu anda perhatikan jika terjadi masalah, cocokkan nama server, Uid (User Id), password, database pada kode yang ada di modul koneksi anda dengan data mysql server anda.

Semoga Cara Mengkoneksikan Visual Basic 2010 dengan Database MySQL ini dapat bermanfaat bagi anda semua,


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar