Loading...
Apa Penyebab Komputer Lambat? Dan Cara Mengatasinya | IT Siantar

6 Desember 2016

Apa Penyebab Komputer Lambat? Dan Cara Mengatasinya

Posted by Glen Hanz Sky

Pastinya anda akan merasa sangat kesal jika kinerja komputer anda tiba-tiba menjadi sangat lambat. Pastinya semua pengguna komputer pernah mengalami hal seperti ini. Harusnya pekerjaan yang tadinya bisa dikerjakan dengan cepat, jadi terhambat karena disebabkan oleh komputer yang tidak bisa diajak kompromi.

Dan bila anda pernah mengalami hal yang seperti saya utarakan di atas, kali ini saya akan berikan informasinya kepada, Apa sebenarnya yang menyebabkan komputer menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasinya?


Apa Penyebab Komputer Lambat? Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Menjadi Lambat


Sebenarnya, ada banyak sekali hal yang menyebabkan kinerja komputer tiba-tiba menjadi lambat. Bisa disebabkan adanya kerusakan pada hardware, sistem operasi yang sudah rusak, komputer terinfeksi virus atau juga karena antivirus yang sudah kadaluwarsa.

Bahkan banyaknya temporary dan aplikasi yang tidak penting juga dapat membuat komputer anda menjadi lambat. Nah kali ini saya akan coba menjelaskan kepada anda secara rinci beberapa penyebab komputer menjadi lambat dan cara bagaimana mengatasinya

Penyebab Komputer/Laptop Menjadi Lambat :


1. Banyaknya File Temporary Pada Komputer


Biasnya hal ini disebabkan seberapa sering kah anda mengakses koneksi internet di komputer. Semakin sering anda mengakses komputer maka komputer anda akan dipenuhi dengan banyaknya file temporary yang tersimpan ke komputer anda dan hal tersebut akan membuat komputer anda menjadi lamban, lemot, dan lelet.

Itu dikarenakan browser yang anda gunakan seperti, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan yang lainya pastilah akan menyimpan file temporary ini atau yang biasanya sering di sebut "Cache" yang berfungsi agar ketika anda mengakses kembali situs yang sebelumnya anda kunjungi, maka link situs tersebut akan tampil secara otomatis.

2. Banyaknya Aplikasi Tidak Penting

Mungkin banyak orang yang mengabaikan hal ini yaitu dengan membiarkan aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting tetap tersimpan di dalam sistem operasi, dan juga biasanya dengan menginstal sebuah aplikasi yang biasanya hanya dipakai sesaat lalu dibiarkan begitu saja tanpa menghapusnya kembali dan ini juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan komputer menjadi lambat.

Biasanya ketika menginstal beberapa aplikasi pada komputer dalam jumlah yang besar, hal ini tentu saja akan berdampak buruk terhadap kinerja komputer, sebab pada saat komputer sedang memuat aplikasi yang terlalu banyak, maka dapat dipastikan komputer kita pun akan menjadi lambat.

3. Tidak Seimbangnya Spesifikasi Komputer dengan Aplikasi yang Dijalankan

Jika anda paham dengan hal ini maka anda tidak akan pernah menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer anda. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua aplikasi cocok dengan semua spesifikasi komputer, baik itu berupa aplikasi berbentuk game, desain, maupun aplikasi video editor pastilah mempunyai spesifikasi tertentu yang harus disesuaikan dengan komputer anda, namun tidak banyak orang yang paham akan hal ini.

Mungkin anda pernah menjalankan sebuah aplikasi, akan tetapi ketika menjalankan aplikasi tersebut terlihat bahwa komputer sangat lama sekali sewaktu proses load dimulai dan terasa sangat lambat, Hal seperti itulah yang dimaksud dengan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer. Dan biasanya aplikasi tersebut hanya dapat di instal dan dijalankan dengan baik hanya menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

4. Kerusakan pada Hardware

Tentulah dengan perangkat keras (hardware) yang masih sehat dapat berjalan dengan lancar dan baik, namun apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada hardware tentulah akan menyebabkan kinerja pada komputer anda dapat menjadi lambat.

Hardware yang paling penting dalam faktor kecepatan komputer adalah Processor, Hard Disk dan juga Memory (RAM). Jika terjadi sedikit gangguan atau pun kerusakan pada perangkat tersebut, maka dapat dipastikan bahwa akan berpengaruh pada kecepatan komputer anda sehingga menyebabkan komputer menjadi lambat dan kerusakan yang umum terjadi pada hard disk disebut bad sector.

5. Gangguan Virus Komputer

Virus merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat, jika komputer telah terinfeksi virus maka akan menyebabkan kekacauan ada sistem operasi yang sedang berjalan pada komputer.

Virus tersebut juga sangat beragam, bahkan terdapat jutaan virus yang dapat menyerang komputer anda jika anda tidak hati-hati pada saat pemakaian komputer.

Sewaktu anda mengakses internet, jika anda tidak menggunakan anti virus beberapa virus bisa saja langsung masuk ke komputer anda tanpa anda ketahui. Dan tentu saja virus-virus yang masuk tersebut pun akan mengganggu kinerja komputer anda dan akhirnya kan membuat kinerja dari komputer anda menjadi sangat lambat.

Tidak hanya sampai disitu saja, bahkan terkadang virus juga bisa saja menghilangkan/menghapus file-file atau data yang ada didalam komputer anda bahkan menyerang aplikasi-aplikasi yang lainnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat

Nah, Setelah anda membaca beberapa penjelasan tentang penyebab komputer di atas, pastilah anda sudah tahu bukan apa penyebab yang membuat kinerja komputer anda menjadi lambat. Dan selanjutnya saya akan memberikan solusinya kepada anda Untuk cara mengatasi komputer yang lambat.

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana ini anda hanya perlu melakukan sedikit trik agar dapat mengembalikan kinerja komputer menjadi seperti semula. Dan Berikut ini saya akan menjelaskan kepada anda cara yang sederhana dan mudah untuk mengatasi kinerja komputer yang lambat:

Cara Mengatasi Kinerja Komputer yang Lambat

1. Mengatasi File Temporary

Hal yang bisa anda lakukan untuk membersihkan file temporary yang menumpuk di komputer anda setelah berjam-jam mengakses koneksi internet adalah dengan menginstall sebuah aplikasi yang berguna untuk menghapus file-file temporary tersebut.

Salah satu aplikasi yang sangat ampuh untuk membersihkannya adalah CCleaner. Anda bisa mendownloadnya dari situs-situs yang terpercaya, lalu menginstal aplikasi tersebut ke komputer anda, kemudian ikutilah petunjuk-petunjuk yang ada pada aplikasi CCleaner tersebut dan segera lakukan pembersihan file temporary yang ada di komputer anda agar kinerja komputer anda menjadi cepat.

2. Mengatasi Aplikasi Tidak Penting

Dengan banyaknya Aplikasi yang terinstal pada komputer anda, tentu saja akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Namun anda tak perlu khawatir akan masalah ini. Cara mudah yang dapat anda lakukan hanya perlu meng-uninstall (menghapus dari sistem) beberapa aplikasi yang menurut anda tidaklah begitu penting.

Anda hanya perlu membuka "Control Panel" yang ada di sistem operasi, lalu klik dan pilih Uninstall pada beberapa aplikasi yang tidak penting agar di buang dari sistem. Dengan demikian kinerja komputer anda akan kembali cepat seperti semula.

3. Mengatasi Ketidakseimbangan Aplikasi dengan Spesifikasi Komputer

 Setelah sebelumnya saya menjelaskan kepada anda tentang kebutuhan spesifikasi dari komputer pastinya tidak akan sulit untuk mengatasi hal ini. Sebenarnya Ada dua pilihan yang dapat anda lakukan jika terjadii masalah aplikasi yang tidak cocok (tidak mendukung) dengan spesifikasi komputer anda.

Cara yang Pertama, anda dapat meng-uninstal (membuang) aplikasi yang tidak cocok tersebut dari komputer anda. Akan tetapi jika anda memang membutuhkan aplikasi tersebut untuk digunakan, maka cara yang kedua, adalah anda bisa meng-upgrade komputer dengan menambahkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dari spesifikasi komputer anda.

Dengan melakukan upgrade, pastinya aplikasi tersebut bisa beroperasi dengan baik dan kinerja komputer anda pun akan menjadi semakin cepat.

4. Mengatasi Hardware yang Rusak

Jika ada hardware yang mengalami kerusakan sedikit saja, pasti akan berdampak buruk bagi kinerja dari komputer tersebut, meskipun hardware yang rusak dapat diperbaiki, namun tidak semuanya dapat diperbaiki dan bahkan anda harus mengganti hardware yang rusak tersebut dengan yang baru.

Anda bisa pergi ke service computer untuk memperbaiki hardware anda dan juga jika tingkat kerusakan hardware sudah parah, terpaksa harus membeli hardware yang baru agar kinerja komputer kembali cepat seperti semula.

5. Mengatasi Serangan Virus Komputer

Untuk mengatasi serangan dari virus pada komputer, gunakanlah anti virus yang berlisensi dan sudah diakui ampuh dalam mengatasi berbagai macam serangan virus komputer.

Ada beberapa anti virus yang tersedia di internet yang dapat anda download secara gratis, namun tentu saja jika anda menginginkan antivirus yang terbaik, maka sebaiknya gunakanlah anti virus yang berbayar.

Jika boleh saya berikan rekomendasi, maka anda bisa menggunakan beberapa jenis anti virus seperti Smadav, Avast, Kaspersky, Avira dan juga Esednot32 untuk mencegah agar virus tidak masuk ke komputer dan membersihkan semua virus-virus pada komputer anda jika sebelumnya komputer anda telah terinfeksi virus.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer yang lambat. Dan semoga informasi yang saya bagikan tentang penyebab komputer menjadi lambat dan cara mengatasinya dapat bermanfaat serta berguna untuk anda.

Jadi ketika komputer anda mulai terasa lambat, cobalah agar mencari tahu terlebih dahulu apa-apa saja penyebabnya dan lakukanlah tips seperti di atas agar membuat komputer anda menjadi cepat kembali. Selamat mencoba.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...