Loading...
Penyebab Laptop/Komputer Cepat Panas (Overheat) Dan Cara Mengatasinya | IT Siantar

8 Desember 2016

Penyebab Laptop/Komputer Cepat Panas (Overheat) Dan Cara Mengatasinya

Posted by Glen Hanz Sky

Saat ini Laptop/Komputer memang sudah menjadi kebutuhan penting bagi kehidupan sehari-hari. Di zaman teknologi canggih ini semuanya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan laptop. Baik itu dalam pembuatan tugas di sekolah, kampus, maupun di kantor.

Sekarang kita lebih dimudahkan lagi dengan hadirnya laptop yang mana perangkat ini dapat dibawah kemana-kemana, sehingga kitapun dapat mengerjakan tugas-tugas kita ditempat dimana saja yang kita inginkan.


Akan tetapi Laptop/Komputer juga butuh yang namanya perawatan dimana kita harus teliti dan menggunakan perangkat ini dengan baik, sebab jika penggunaanya tidak wajar dapat dipastikan Laptop/Komputer akan mengalami masalah yang serius yakni kerusakan atau yang sering disebut Troubleshoot.

Dan kerusakan yang umum di alami oleh Laptop/Komputer adalah suhu panas yang dapat menyebabkan komputer tiba-tiba mati ataupun restart dengan sendirinya dan ini biasanya disebut dengan istilah "Overheat".

Apa itu Overheat?

Overheat adalah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin yang terdapat pada komputer. Overheat biasanya disebabkan karena sirkulasi udara pada processor yang terhambat, serta hilangnya pendingin (pasta) yang biasa digunakan pada processor.

Nah, itulah penyebab Laptop/Komputer yang tiba-tiba mati dan cepat panas (overheat) yang sangat perlu untuk anda ketahui. Dan jika perangkat Laptop/Komputer anda telah mengalaminya anda harus sesegera mungkin melakukan penanganan yang serius agar masalah tersebut tidak semakin parah.

Penyebab Laptop/Komputer Cepat Panas (Overheat)

Biasanya ada beberapa faktor Penyebab Laptop/Komputer anda menjadi cepat panas, bahkan mati tiba-tiba. Berikut ini saya akan menjelaskan kepada anda faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan Laptop anda mengalami Overheat.

5 Faktor Penyebab Laptop Cepat Panas dan Mati Tiba-Tiba

1. Tempat Meletakkan Yang Tidak Tepat

Biasanya hal ini terjadi akibat anda meletakkan laptop di tempat tidur sehingga menyebabkan sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu dan untuk komputer biasanya anda sering meletakkan komputer diruangan yang panas atau terkena paparan cahaya matahari langsung sehingga sirkulasi pada CPU juga tidak lancar.

2. Pasta Pada Processor Kering

Processor merupakan komponen yang sangat penting pada perangkat Laptop maupun Komputer, dan biasanya pasta yang sudah mengering juga dapat menyebabkan Panas pada processor menjadi berlebihan, dan dapat membuat Laptop/Komputer mati secara tiba-tiba (restart).

3. Bermain Game Berat

Hal ini juga sering sekali terjadi ketika anda memainkan game-game berat seperti Call Of Duty Black Ops, Battlefield, dan lain sebagainya akan sehingga memaksa Processor, hard disk, VGA dan juga RAM bekerja secara maksimal, hal tersebut akan mengakibatkan laptop ataupun komputer anda menjadi cepat sekali panas, maka dengan demikian dapat menyebabkan laptop/komputer mati secara tiba-tiba, namun hal tersebut merupakan hal yang wajar, sebab jika laptop/komputer tersebut tidak mati maka dapat membuat laptop/komputer kalian bisa terbakar,

4. Menggunakan Notebook Terlalu Lama

Terlalu lama mengunakan laptop/komputer juga akan menyebabkan panas yang berlebihan, sebab laptop/komputer juga memiliki kapasitas pemakaian yang wajar dengan suhu panas yang sesuai dengan kebutuhan ataupun spesifikasi pada perangkat tersebut.

5. Kipas Tidak Berfungsi

Kipas merupakan perangkat yang penting bagi laptop/komputer yang berfungsi untuk menjaga agar sirkulasi udara pada mesin tetap berjalan normal, akan tetapi jika kipas pada komputer atau pun laptop bermasalah, biasanya putaran kipasnya melambat atau juga kipas sudah rusak. Hal tersebut dapat menyebabkan laptop/komputer anda pun akan cepat panas, bahkan bisa mati (restart) mendadak.

Itulah 5 faktor penyebab laptop/komputer menjadi cepat panas dan bahkan bisa mati secara tiba-tiba yang sangat perlu untuk anda lakukan penanganan segera jika laptop/komputer anda telah mengalami faktor-faktor seperti di atas. Adapun cara mengatasinya berikut akan saya berikan solusinya kepada anda untuk penangan laptop/komputer yang cepat panas. Simak penjealsan berikut ini.

Solusi Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Tiba-Tiba

1. Letakkan Laptop/Komputer di Atas Meja
Jangan pernah meletakkan laptop anda yang alasnya terbuat dari kain, misalnya anda sering menggunakannya diatas tempat tidur, dimana akan membuat sirkulasi pada laptop anda menjadi tidak stabil, jadi saran saya letakkan saja diatas meja dan tambahkan kipas khusus laptop dibawah laptop anda. Dan untuk komputer di atas lantai keramik atau kaca, karena keramik akan membuat notebook atau laptop sobat menjadi dingin kembali.

2. Ganti Pasta Processor (Minimal 6 bulan sekali)
Ketika pasta processor anda sudah mengering, upayakanlah agar anda segera menggantinya dengan pasta yang baru dan bisa anda dapatkan ditoko-toko komputer terdekat. dan saya sarankan juga agar anda meggunakan software seperti speedfan untuk dapat melihat seberapa panaskah suhu pada laptop ataupun komputer anda. Jika suhunya telah mencapai lebih dari 70 derajat celcius, segeralah ganti pasta pada processornya.

3. Upgrade Memori dan Gunakan Cooling Pada Saat Bermain Game

Ketika ingin bermain game berat, yang perlu anda lakukan adalah upgrade terlebih dahulu memori laptop/komputer anda agar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh game tersebut, dan juga gunakanlah alas laptop yang biasa disebut cooling pad yaitu kipas pendingin.


4. Atur Jangka Waktu Pemakaian

Lama pemakaian laptop/komputer yang normal umumnya berkisar kurang lebih 4 jam saja, jadi ikutilah aturan standart tersebut agar laptop/komputer anda tidak cepat panas, namun jika dalam keadaan tertentu anda akan memakainya dalam waktu yang lama, usahakan anda berada pada ruangan yang ber-AC agar suhu laptop/komputer anda tetap stabil.

5. Ganti Kipas Angin Dengan Yang Baru

Jika kipas angin pada laptop ataupun komputer anda sudah mulai lambat berputarnya, atau sudah dipastikan rusak dan tidak berputar lagi, segeralah lakukan pergantian kipas angin tersebut dengan yang baru agar laptop/komputer anda tidak cepat panas, dimana kipas angin yang baru tentunya akan bekerja secara maksimal dalam mendinginkan mesin pada perangkat laptop ataupun komputer.

Demikianlah artikel yang saya tuliskan kali ini tentang penyebab laptop/komputer cepat panas (overheat) serta cara mengatasinya dan semoga saja dengan adanya tulisan saya ini dapat membantu teman-teman lebih care dan peduli dalam segi perawatan terhadap perangkat laptop dan juga komputer anda.

Jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang ada dibawah, dan saya akan dengan senang hati menjawab segala pertanyaan-pertanyaan anda. Terimakasih.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...