2 Desember 2016

Apakah Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet?

Posted by Glen Hanz Sky

Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang mempertanyakan hal ini, Benarkah Dengan Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet?  Nah, bagi anda yang sudah mulai penasaran dengan pertanyaan dias, berikut saya akan mengulasnya untuk anda.

Apakah dengan mencabut baterai laptop, lalu langsung menghubungkan kabel powernya ke aliran listrik akan menimbulkan resiko terhadap daya tahan laptop? Apakah tidak masalah jika memasang baterai dan secara bersamaan tetap menggunakan arus listrik, meskipun daya pada baterai telah penuh? Saya akan memberikan jawabannya kepada anda dan akan kita bahas secara lengkap pada artikel ini. Dan saya rasa ini juga menjadi pertanyaan bagi kebanyakan pengguna laptop selama ini.

Terlebih dahulu saya akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai Pengertian Baterai. Baterai (Battery) adalah sebuah alat/perangkat tambahan yang dapat merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi Listrik yang dapat digunakan oleh suatu perangkat Elektronik.


Cara Kerja Baterai Laptop

Biasanya Baterai yang paling banyak digunakan saat adalah jenis Lithium-Ion dan Li-Ion yang bekerja dengan cara mengalirkan ion dari Anoda ke Katoda dengan melalui elektrolit dan separator. Pada saat kamu menggunakan baterai tanpa menggunakan charger, akan terjadi sebuah proses dimana baterai tersebut pastinya akan bekerja yang kemudian akan mengakibatkan daya/kapasitas listrik pada baterai menjadi berkurang secara bertahap.

Namun ketika baterai di charge, energi-energi tersebut akan membuat ion yang tadinya berpindah dari Anoda ke Katoda akan menjadi berbalik ke tempat semula. Dan inilah proses yang membuat baterai laptop kamu akan terisi kembali dan Proses tersebut akan terus melemah secara perlahan yang disebabkan oleh Ion yang terperangkap di Anoda yang biasnya disebuk dengan istilah "Baterai bocor" karena akan habis seiring dengan usianya. Fakta tersebut menyatakan bahwa kemampuan daya tahan dari baterai itu sudah mulai berkurang secara perlahan sejak pertama baterai tersebut dibuat.

Apakah Dengan Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet?

Haruskah Baterai Laptop dicabut Agar Awet?

Jawabannya adalah Ya, anda harus mencabut baterai dari laptop agar tetap awet pada saat menggunakan laptop yang terhubung langsung ke arus listrik. Namun perlu diperhatika sebelum anda melepas baterai dari laptop, jangan pernah sekali-sekali mencabut baterai pada saat laptop sedang dinyalakan meskipun charger sedang terpasang pada saat itu juga. Karena tindakan itu akan menimbulkan resiko yang sangat berbahaya untuk laptop itu sendiri dan juga anda.

Bagaimana Menjaga Performa Baterai Laptop Agar Tetap Baik?

Ada beberapa poin-poin penting yang harus kamu pertimbangkan agar menjaga performa baterai laptop anda tetap terjaga baik dan optimal yaitu :
  • Charge lah baterai dalam voltase yang pas atau lebih rendah.
  • Jangan menghabiskan daya baterai sampai kurang dari 20%.
  • Meskipun laptop saat ini sudah bisa memutus aliran listrik pada saat baterai sudah penuh, sebaiknya jangan pernah meninggalkan baterai dalam kondisi terpasang, hal ini berguna agar menghindari paparan panas dari laptop yang dapat menurunkan performa baterai.
  • Usahakan agar menghabiskan 20% daya baterai secara berkala, dan kemudian charge kembali sampai daya penuh. Lakukan tindakan ini setiap beberapa minggu sekali.

Nah, itulah jawaban yang mungkin selama ini anda cari. Jika anda ingin agar baterai dan laptop anda tetap awet dan terjaga. Anda dapat mengikuti tips dan cara untuk menjaga performa baterai laptop anda seperti diatas. Dan sekarang anda sudah paham dan mengetahui, Apakah Mencabut Baterai Akan Membuat Laptop Lebih Awet?

Semoga artikel yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda, ingatlah bahwa perawatan terhadap perangkat laptop anda adalah yang utama agar anda dapat tetap dapat menggunakannya dalam performa yang baik sehingga baterai laptop anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar