2 Desember 2016

7 Fakta Google Yang Wajib Kamu Ketahui

Posted by Glen Hanz Sky

Google Inc. adalah sebuah perusahaan raksasa di Amerika Serikat yang memiliki berbagai macam fitur teknologi dan juga produk-produk di bidang Internet. Mesin Pencari Google (Engine Search) adalah produk besutan google yang paling terkenal di seantero didunia. Tidak hanya itu Google juga memiliki banyak banyak program aplikasi berbasis Android.

Ponsel berbasis Android pastilah akan menggunakan produk-produk dari Google, sperti Google Play Store, Google Maps, Google Search, dan lain sebagainya,. Perusahaan raksasa yang satu ini sangat terkenal diseluruh dunia, dan merupakan cikal bakal dari perkembangan internet, Google bahkan sudah membuka cabang di beberapa negara termasuk Indonesia. Banyak teknologi terbaru dengan inovasi-inovasi yang menarik yang telah diciptakan oleh google.

Situs web berbagi video "YouTube" yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 bahkan telah diakuisisi oleh pihak Google dengan nominal harga sebesar 1,65 miliar USD pada November 2006. Diman pada saat ini Youtube juga telah menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google.

Jika kita harus kembali ke sejarah pendirian Google, kita akan mengetahui bahwa Google didirikan oleh dua orang pria bernama Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Yang kini telah menjadi deretan orang paling kaya didunia.
Siapa sih yang tidak tahu dengan Google?

Di zaman teknologi internet yang canggih pastinya kata-kata yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan?

Nah, Jika kamu salah satu pengguna inovasi produk buatan Google, tak lengkap rasanya jika kamu tidak tahu mengenai fakta-fakta seputar Google yang selama ini belum pernah diketahui oleh banyak orang.

Berikut 7 Fakta Mengenai Google Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Awal Mula Bertemunya Dua Pendiri Google


Pertemuan antara kedua pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin ini sebenarnya tidak disengaja. Dimana pada tahun 1995 yang silam, Larry Page yang sedang liburan secara tidak sengaja bertemu dengan Sergey Brin yang menjadi tour guide-nya pada saat itu. Nah, pertemuan pertama inilah membuat mereka akhirnya mendiskusikan banyak hal yang menjadi awal mula berdirinya perusahaan Google.


2. Nama Awal Dari Google


Mungkin anda baru mengetahuinya saat ini bahawa ternyata sebutan Google bukanlah merupakan nama awal, melainkan ada nama lain sebelum nama Google menjadi populer sepertia sekarang ini. Nama awal Google adalah "BackRub", yang berarti sebuah sistem dengan menggunakan backlink untuk menilai seberapa pentingnya sebuah situs. Dan sistem ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1996 dimana pada saat itu mereka masih tercatat menjadi mahasiswa Stanford University (Universitas Stanford).

3. Sejarah Pembuatan Nama Google


Terkadang ide gila bisa muncul kapan saja dan dimana saja sama halnya seperti nama awal terbentuknya nama Google, nama tersebut lahir dari hal yang spontan dan bahkan tidak disengaja. Nama tersebut didapatkan ketika mereka mendengar percakapan antara dua orang anak yaitu Edwin Sirotta dan Milton Sirotta yang pada saat itu mengucapkan kata "Googol" yang merupakan nama untuk sebuah perhitungan matematika angka satu yang diikuti dengan 100 angka nol. Itulah Sejarah nama Google yang dulunya disebut Googol.

4. Kantor Pertama Google


Siapa yang menyangka bahwa kantor pertama Google itu berada disebuah garasi mobil yang terletak di California, Amerika Serikat. Garasi tersebut merupakan sebuah garasi milik Susan Wojcicki yang sekarang menjadi CEO Youtube. Pada saat itu Larry Page dan Sergey Brin masih berumur 24 tahun.

Namun saat ini kantor pusat Google terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dan ternyata Kantor Google adalah termasuk salah satu kantor perusahaan raksasa yang paling megah dan juga mewah serta dengan fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap yang juga dapat memanjakan para pegawainya yang bekerja disana.

5. Doodle Pertama Dari Google


Mungkin kamu belum mengetahui bukan apa itu Doodle? Doodle adalah sebuah gambar yang mewakili event-event atau hari besar yang diterapkan pada logo Google. Dimana Tampilan tulisan pada Google akan mengikuti gambar sesuai kejadian yang terjadi di tanggal tersebut. Dan informasi yang penting yang perlu kamu ketahui bahwa Doodle pertama dari Google adalah "The Burning Man Doodle" dan logo tersebut diluncurkan pada tahun 1998, dan hal itu bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh penggunanya bahwa Larry Page dan Sergey Brin sedang keluar kantor untuk cuti.

6. Twit/Tweet Pertama Google


Satu lagi hal yang unik dan paling penting untuk kamu ketahui dari Google adalah tweet pertama dari Google ternyata menuliskan dua huruf yang diikuti dengan angka-angka seperti gambar diatas.
Unik sekali bukan? Google hanya menuliskan kaliman seperti diatas. Yang mana angka-angka tersebut merupakan bilangan biner dan arti dari bilangan biner tersebut yang berarti "I'm Feeling Lucky".

7. Kekayaan Pendiri Google


Total dari kekayan kedua pendiri Google mencapai angka yang sangat fantastis. Larry Page sendiri memiliki total kekayaan sekitar US$38,8 miliar atau setara dengan Rp 541 triliun, sedangkan Sergey Brin memiliki kekayaan dengan jumlah sebesar US$37,5 miliar atau setara Rp 523 triliun. Dan sampai saat ini mereka memegang 16% saham dari Google.

Itulah Fakta-fakta mengenai google yang wajib kamu ketahui, dan tentunya informasi ini akan sangat bermanfaat bagi kamu bukan, selain mendapatkan pelajaran berharga kamu juga akan menambah wawasan kamu tentang bagaimana sejarah terbentuknya sebuah perusahaan yang dulunya berasal dari sebuah garasi lalu kemudian menjadi perusahaan rakasasa yang bernilai jutaan, miliar, dan bahkan triliuanan dollar. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu untuk menjadi orang yang sukses kedepannya.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar