2 Desember 2016

Cara Mudah Menambahkan Font (Huruf) Baru di Windows 7

Posted by Glen Hanz Sky

Font adalah suatu kumpulan dari jenis huruf, angka, dan simbol serta karakter yang memiliki berbagai macam ukuran dan karakter tertentu. Font saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia desain grafis, dimana dengan banyaknya jenis font akan menambah daya darik tersendiri dari disain yang dibuat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa font memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap karya ataupun produk yang akan dibuat nantinya. Setiap desain suatu produk yang akan dibuat pastilah akan menggunakan font sebagai penambah daya tarik. Untuk membedakan produk desain satu dengan desain yang lainnya adalah jenis font yang dipakai.


Sebagai seorang desainer tentunya kita harus pintar-pintar dan juga cermat dalam pemakaian jenis font yang akan diguanakn. Pilihlah jenis font yang cocok dan sesuai dengan produk desain yang dibuat dan. Terkadang ada beberapa desain produk teknologi yang menggunakan font yang terlalu berlebihan sehingga terkadang membuat para pengguna atau yang melihat tampilan desain tersebut menjadi kesal, dikarenakan font yang sulit untuk dibaca. Jadi sangat diperlun ketelitian dari seorang desainer dalam menyesuaikan font nantinya akan dipakai untuk membuat desain baru.

Jika anda ingin membuat desain tulisan, gunakanlah font itu yang simple dan tentunya mudah untuk dibaca oleh penikmat desain anda nantinya. Sebenarnya sistem operasi windows telah menyediakan beberapa jenis font bawaan yang dapat langsung anda gunakan. Akan tetapi jumlah fontnya masih sangat sedikit dan terkadang karena faktor kebutuhan, anda terpaksa harus menambahkan beberapa jenis font dengan cara menginstall font tersebut kedalam sistem operasi windows anda.

Nah, kali ini saya akan memberikan cara untuk menambahkan font di windows 7. Dan caranya pun tidak terlalu rumit seperti yang anda bayangkan. Itu karena semua aplikasi yang terinstal di windows anda dapat menggunakan font tersebut. Contohnya anda dapat memakai font pada sebuah program aplikasi Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, dan aplikasi lainnya.

Dengan cara ini, anda akan dapat menambahkan font langsung ke dalam sistem operasi windows. Anda tidak perlu khawatir, simak dan bacalah artikel ini sampai selesai.

Berikut Cara Mudah Menambahkan Font (Huruf) Baru di Windows

Cara Menambahkan Font di Windows :
  1. Anda harus mendownload terlebih dahulu font yang ingin anda tambahkan. Ada banyak sekali situs penyedia berbagai jenis font, anda dapat mengakses situs 1001FONTS.com sebagai tempat untuk anda dapat mendownload font, namun masih banyak lagi situs lainnya, silahkan anda search melalui Google.
  2. Setelah anda mendapatkan font yang di inginkan, selanjutnya buka folder download tempat dimana font yang di download tadi diletakkan. Pastikan bahwa dilaptop atau komputer kamu telah terinstal aplikasi Winrar, lalu Extract file tersebut.
  3. Setelah file tersebut di extract, maka akan muncul file yang berisikan berbagai macam font dengan format .otf
  4. Kemudian, Copy seluruh file font yang berformat .otf dengan cara tekan Ctrl + A, lalu tekan Ctrl + C
  5. Selanjutnya buka Local Disk (C:) >> Windows >> Fonts. Lalu Pastekan font yang tadi sudah dicopy sebelumnya ke folder "Fonts".
  6. Tunggulah beberapa saat sampai proses Pengcopyan Font tersebut selesai. 
  7. Dan font-font baru pun sudah siap untuk anda gunakan. Silahkan cek aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, ataupun Microsoft Office di Laptop atau Komputer anda. Dan lihatlah Font yang tadi sudah anda tambahkan akan muncul diprogram tersebut.
Nah, Demikianlah artikel kali ini tentang cara menambahkan font di windows 7. Semoga tips dan langkah-langkah yang saya tuliskan ini dapat anda lakukan dengan benar, Jika anda mengalami kendala saat akan menambahkan font tersebut anda dapat memberikan komentar anda di bawah ini. Saya akan membantu anda untuk menjelaskan lebih detil cara penginstallan font tersebut..

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar