12 Februari 2017

Jenis-Jenis Sistem Operasi LINUX

Posted by Glen Hanz Sky

Jenis-Jenis Sistem Operasi LINUX - Mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui tentang sistem operasi yang satu ini, ya sebut saja Linux yang juga merupakan salah satu sistem operasi yang dapat di install di dalam sebuah komputer maupun laptop, namun sebenarnya Linux sangat familiar bagi kalangan programmer, sebab sistem operasi ini sangat kuat serta jauh dari serangan virus.

Jenis-Jenis Linux
Distro Linux atau singkatan dari distribusi Linux adalah sebuah sebutan untuk sistem operasi komputer selain Windows milik Microsoft, dan juga Mac milik Apple. Distro Linux juga merupakan keluarga Unix yang menggunakan sistem kernel Linux. Dimana Linux merupakan perangkat lunak bebas (open source) serta gratis.

Jenis-Jenis Linux

Red Hat Linux

Red Hat Linux merupakan salah satu GNU yang terbilang sistem golongan yang termasuk usia tua, yang mana pada sistem operasi inio menawarkan kemudahan dengan mode tampilan yang gratis mulai dari penginstalan dan juga aplikasinya.

Dan bila anda berencana untuk versi Red Hat Linux yang terbaru. Anda perlu sedikit merogo kantong anda, sebab biaya yang ditimbulkan dari Red sudah ditentukan. Sama halnya seperti sistem operasi linux lainnya, Red Hat Linux juga banyak digunakan untuk perusahaan-perushaan dan cukup populer, karena sudah terbukti kualitasnya. Selain itu sistem operasi ini juga mendukung secara pelatihan, teknis, pengembangan aplikasi, serta sertifikasi.

Debian Linux

Debian Linux adalah distro Linux merupakan sistem operasi yang mengedepankan suatu distro yang bersifat komersial atau prabayar. Debian Linux merupakan hasil usaha para sukarelawan yang membuat distro dengan kualitas tinggi namun tetap gratis dan open source. Keunggulan menggunakan Debian Linux adalah mudah untuk di upgrade, depedensi paket dengan baik, serta dikembangkan secara terbuka.

Mandriva Linux

Mandriva Linux dulunya bernama Mandrake Linux adalah Sistem operasi yang lahir dan di inspirasi oleh RedHat Linux telah melalui banyak pengembangan, serta aplikasinya yang bersifat prakonfigurasi. Hal tersebut dapat memudahkan untuk para pengguna pemula, baik dalam awal proses memulai instalasi yang berbasis Xwindow, sampai dengan dukungan berbagai bahasa. Pada sistem operasi ini, semua paket telah di kompilasi degan optimasi prosesor, sehingga menghasilkan optimasi yang bagus.

Ubuntu Linux

Ubuntu Linux adalah distribusi linux yang berbasis Debian. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan Ubuntu Linux. Pemakaian nama Ubuntu sendiri yaitu diambil dari nama sebuah konsep ideologi yang ada di negara Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame manusia”. Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan versi yang lain yaitu, pengaturan jaringan yang tergolong cukup mudah serta versi desktop yang bagus, dan lain sebagainya.

Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi dengan basis Linux untuk PC. Inti dari Linux Mint seperti pada Ubuntu, sehingga aplikasi yang digunakan di Ubuntu. Linux Mint juga dilengkapi dengan aplikasi favorit dan juga pencarian serta memiliki segala kelebihan salah satunya adalah  management yang mudah untuk dipelajari dan juga tampilan desktop sederhana.

BlankOn Linux

BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) serta Komunitas Ubuntu Indonesia untuk menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan komputer di Indonesia.

Filosofi dari BlankON adalah kehandalan yang ditawarkan oleh BlankON adalah distribusi aslinya serta kemudahan dalam penggunaannya. BlankOn dikembangkan bersama-sama dan terbuka dan menghasilkan distro Linux Indonesia seperti pada pemerintahan dunia perkantoran dan pendidikan.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam linux yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi anda untuk mengetahui jenis-jenis sistem operasi Linux.

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya dan untuk referensi silahkan kunjungi http://linux.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus