Loading...
Mitos Dan Hoax Mengenai Virus Komputer | IT Siantar

17 Januari 2017

Mitos Dan Hoax Mengenai Virus Komputer

Posted by Glen Hanz Sky

Mitos Dan Hoax Mengenai Virus Komputer - Beberapa tahun belakangan ini virus komputer telah mengalami yang namanya revolusi (bukan revolusi mental ya). Virus setiap harinya dibuat menggunakan kode yang terus setiap saat diperbaharui dan membuat virus tersebut lebih sangar dan berbahaya bagi komputer kita.


Namun sampai pada saat ini saja masih banyak dari kalangan pengguna PC yang tidak tahu banyak tentang cara kerja daripada virus komputer tersebut. Yang mereka ketahui biasanya adalah virus itu adalah pengganggu yang ada pada komputer dan hanya sebatas itu. Akan tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara kerja dari suatu virus untuk menginfeksi sebuah perangkat komputer atau PC.

Dikarenakan kurangnya pemahaman dari kalangan pengguna komputer yang awam inilah mengakibatkan banyak mitos dan hoax yang berkembang dan semakin menjamur pada saat ini. Berikut ini ada 5 tentang hoax dan mitos tentang virus komputer yang sering beredar :

1. Software ataupun Perangkat Lunak Terlisensi Tidak Akan Diserang Virus


Hal ini tidak menjamin untuk komputer anda bisa terbebas dari yang namanya virus. Dikarenakan para penjual resmi dari sebuah software sering mengatakan bahwa apabila ada masalah kerusakan pada komputer pengguna ketika pengguna tidak menggunakan versi aslinya maka itu bukan merupakan tanggung jawab pengembang.

Itulah menyebabkan kebanyakan orang beranggapan bahwa apabila seseorang menggunakan sebuah software yang terlisensi akan terbebas dari virus. Dan ternyata hal itu tidak menjadi jaminan. Dikarenakan sebuah virus komputer dapat menyerang kapan saja ketika sebuah komputer sudah diinfeksinya.

2. Tidak Mendownload File dari Internet Dapat Menyelamatkan Komputer dari Virus

Ketika anda melakukan kegiatan berselancar di dunia maya, bagi anda yang yang juga mempercayai akan hal ini mungkin menjadi sesuatu yang menyeramkan bagi anda untuk mendownload sebuah file dari internet. Dan ternyata virus tidak hanya datang dari download saja. Jika anda memutuskan untuk tidak mendownload apapun demi untuk menjaga masuknya virus maka anda salah besar.

Sebuah virus dapat masuk ke komputer anda dengan cepat ketika mengklik sebuah link yang ada pada halaman web. Cara aman untuk menghindari virus dari dunia internet adalah pastikan anda hanya mengklik sebuah link yang sudah anda ketahui dan terpercaya. Sebaiknya anda gunakan sebuah antivirus yang dilengkapi dengan internet security. Saran saya gunakan McAfe Internet security agar lebih aman dalam berselancar di dunia maya.

3. Membaca Email tidak Menyebabkan Terinfeksi Virus

Seperti mitos nomor 2 diatas bahwa sebuah virus juga dapat langsung berpindah dengan cepat dari sebuah email yang telah terinfeksi ketika email itu dibuka.

4. Tidak Terhubung Ke Internet Membuat PC Aman dari Virus

Hal ini merupakan sebuah kesalahan yang fatal ketika seseorang mengatakan bahwa komputernya tidak mungkin terinfeksi virus dikarenakan tidak pernah terhubung dengan internet baik untuk kegiatan download maupun browsing. Sebuah virus dapat saja berpindah ke sebuah komputer melalui sebuah flashdisk, CD, DVD atapun media Removable Lainnya.

5. Komputer dapat Terinfeksi Virus Ketika Membuka Sebuah Halaman Web

Hal ini juga sebuah mitos yang mungkin sudah menyebar luas di kalangan pengguna komputer yang awam. Perlu anda ketahui bahwa ketika membuka sebuah halaman web tidak akan menyebabkan komputer anda terinfeksi virus. Terkecuali apabila anda melakukan klik pada sebuah link atau mendownload sebuah file. Jelas sekali bahwa apabila hanya melihat suatu halaman tanpa melakukan aktivitas lain didalamnya tidak akan menyebabkan komputer anda terinfeksi virus komputer.

Masih banyak lagi mitos dan hoax tentang virus komputer yang beredar di dunia ini. Jadi tetap percayai sebuah statement yang sudah memang teruji kebenarannya dan jangan mau ikut dengan sesuatu yang belum jelas.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...