Loading...
Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi Komputer Beserta Jenis-Jenis Sistem Operasi | IT Siantar

13 Desember 2016

Pengertian Dan Sejarah Sistem Operasi Komputer Beserta Jenis-Jenis Sistem Operasi

Posted by Glen Hanz Sky

Pengertian Sistem Operasi Komputer - Di era perkembangan teknologi komputer seperti sekarang ini tentunya setiap komputer pastilah menggunakan sebuah sistem untuk menjalan perangkat-perangkat keras yang terdapat pada komputer tersebut, dan biasanya sistem tersebut dinamakan dengan sebutan "Sistem Operasi".

Fungsi utama dari Sistem Operasi Komputer adalah sebagai penerjemah atau translasi dari perintah-perintah yang telah diberikan oleh suatu alat input ke kode biner dan kemudian akhirnya akan melakukan komunikasi dengan alat output.

Sistem Operasi Komputer (Operating System)

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah perangkat lunak program komputer atau software yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sumber daya perangkat keras, kontrol dan manajemen terhadap operasi dasar sistem dan juga berperan dalam menjalankan perintah-perintah terhadap software yang terdapat pada komputer seperti software aplikasi seperti program-program pengolah data lainnya yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sejarah Sistem Operasi Komputer (OS)

Generasi Pertama

Generasi pertama pada sistem operasi komputer dimulai pada tahun 1945-1955, dimana pada generasi pertama ini merupakan awal pengembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti gagasan-gagasan mesin komputasi mekanis.

Generasi Kedua

Setelah itu Generasi Sistem Operasi ke-dua terjadi pada tahun 1955-1965. Pada OS kedua ini telah memperkenalkan Batch Processing System (BPS) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam sebuah rangkaian yang kemudian melakukan eksekusi dengan cara berurutan. Pada generasi ini dapat disimpulkan bahwa tugas-tugas merupakan program-program yang harus dikerjakan oleh komputer.

Pada awal generasi ini, sistem pada sebuah komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, akan tetapi beberapa fungsi dasar pada sistem operasi telah ada seperti, FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan pada perangkat keras yang juga bagian terpenting dari sistem operasi modern.

Pada tahun 1964, IBM mengeluarkan komputer keluarga System/360. Komputer ini dirancang agar kompatibel secara perangkat keras dan juga merupakan bagian dari sistem operasi OS/360 yang kemudian berevolusi menjadi System 370.

Generasi Ketiga

Perkembangan berlanjut pada tahun 1965-1960, sistem operasi telah dikembangkan untuk dapat melayani banyak pengguna interaktif sekaligus, sehinnga penguna dapat saling berkomunikasi melalui terminal secara online dengan cara menghubungkan ke satu komputer dan Sistem ini dikenal sebagai Multiuser (digunakan banyak orang) dan Multiprogamming (melayani banyak program).

Generasi Keempat

Pada OS generasi keempat ini terjadi pada sekitar tahun 1980-2000an dan telah banyak mengalami perkembangan serta telah banyak dipergunakan untuk jaringan komputer. Sistem operasi juga tidak lagi hanya dipergunakan untuk satu mode pengolahan data saja, akan tetapi telah ditujukan untuk banyak mode pengolahan, misalnya mendukung networking, batch processing, timesharing, dan (soft) realtime applications sekaligus.

Hanya saja pada sistem operasi ini hard real-time applications sulit disatukan dengan mode-mode pengolahan yang lainnya, hal itu dikarenakan memiliki resiko tinggi.

Pada generasi ini kenyamanan dalam mengoperasikan sistem komputer dan antar muka grafis juga dinilai penting dengan penggunaan GUI (Graphical User Interface). GUI ini dimulai dengan X Windows System hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, disusul Microsoft Windows.

Generasi keempat ini juga ditandai dengan semakin berkembang dan meningkatnya kemampuan komputer desktop (komputer pribadi) dan teknologi jaringan. Dimana pada komputer ini awal mulanya Jaringan TCP atau IP digunakan secara luas oleh kalangan militer, peneliti, dan juga perguruan tinggi serta masyarakat secara umum.

Generasi Kelima (2000AN-???)

Pada generasi ini adalah awal mula dari munculnya komputer-komputer modern seperti sekarang ini yang sudah bisa kita nikmati dengan berbagai kemampuan untuk membantu manusia semakin mudah melakukan pengolahan data-data pada sistem operasi komputer.

Itulah sejarah 5 generasi komputer yang mungkin selama ini belum anda ketahui, dimana ternyata perjalanan perkembangan dari sistem operasi komputer terbilang cukup panjang. Sampai saat ini kita telah dapat menikmati sistem operasi komputer yang semakin canggih.

Dan mungkin diantara biasanya lebih mengenal Sistem Operasi "Windows" saja pada perangkat komputer ataupun laptop anda di zaman sekarang ini, namun ternyata sistem operasi komputer juga bermacam-macam, dan untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda berikut akan saya beritahukan bahwa ada beberapa jenis sistem operasi pada komputer.

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer 

1. Microsoft Windows
2. Linux
3. Mac OS
4. UNIX

Ternyata ada 4 contoh sistem operasi yang bisa di terapkan pada komputer, namun sistem operasi yang lainnya pastilah digunakan dengan beberapa keperluan tertentu serta spesifikasi yang dibutuhkan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikianlah penjelasan saya untuk artikel kali ini mengenai pengertian sistem operasi dan sejarah komputer beserta jenis-jenis sistem operasi. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda, akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...