16 Juli 2017

Asus X550IU Laptop Gaming Powerfull Dengan Harga Termurah

Posted by Glen Hanz Sky

Asus X550IU Laptop Gaming Powerfull Dengan Harga Termurah - Saat mendengar kalimat "laptop gaming", kira-kira apa yang pertama kali akan ada dibenak kalian? Saya yakin 90% dari kalian pasti akan menjawab "mahal".

Meskipun mahal merupakan sebuah perspektif yang berbeda-beda bagi setiap orang, tapi terlepas dari itu semua. Hampir semua laptop dengan label gaming yang ada di luar sana, rata-rata pasti dijual pada angka 10 Juta Rupiah ke atas.

Asus X550IU Laptop Gaming Powerful
Asus X550IU

Namun pada tahun 2017 ini, industri laptop gaming nampaknya kehadiran sebuah laptop gaming terbaru yang hanya dijual pada kisaran harga 9 Juta Rupiah saja!

Ya, laptop gaming tersebut adalah Asus X550IU. Meskipun laptop ini merupakan laptop gaming paling murah saat ini, tapi bukan berarti performa yang diberikan juga murahan.

Jika tidak percaya, maka kalian harus membaca review laptop game ini dari saya dan tentukan sendiri hasil akhirnya. Sooo, langsung aja yuk disimak artikel saya yang satu ini sampai habis ya.

Body

Body bagian luar yang memiliki warna hitam glossy dengan aksen garis-garis merah. Fisik dari laptop ini terbuat dari bahan berupa plastik yang terasa solid dan kokoh.

Asus X550IU ini memiliki kombinasi warna hitam glossy dengan aksen berupa garis-garis berwarna merah yang membuat laptop ini lebih terlihat garang dan powerfull.

Namun sayang, laptop ini akan sangat-sangat mudah meninggalkan bekas cap jari dan kotoran lainnya karena disebabkan oleh warna yang glossy ini. Jadi sebagai pemiliknya, kalian harus selalu sedia menyiapkan lap ya.

Keyboard dari Asus X550IU yang belum memiliki lampu backlit


Beralih ke bagian keyboard, laptop Asus X550IU ini memiliki keyboard dengan hitam sebagai warna utamanya dan merah pada bagian huruf dan angkanya. Tapi perlu kalian ketahui bahwa, keyboard laptop ini sama sekali belum mengadopsi lampu backlit.

Port yang tersedia pada sisi kiri laptop


Sedangkan untuk port yang tersedia, pihak Asus menyediakan 1x RGB, 1x HDMI, 1x RJ-45/LAN, 2x USB 3.0 port, dan 1x 3,5 mm audio jack pada bagian kiri laptop. Sedangkan pada bagian kanan laptop ini, kalian bisa menemukan sebuah DVD-RW dan 1x USB 2.0 port.

Layar

Asus X550IU memiliki layar LED seluas 15,6 Inchi dengan panel TN yang memiliki resolusi sebesar 1080p atau bisa kalian kenal dengan sebutan FullHD.

Layar seluas 15,6 Inchi dengan resolusi FullHD


Dengan kerapatan pixel 141 PPI dan refresh rate sebesar 60Hz, layar laptop ini tentunya bisa memanjakan mata para gamers ketika sedang melakukan aktivitas gaming.

Selain itu layar laptop ini dilapisi dengan permukaan layar matte sehingga layar laptop ASUS X550IU tidak silau ketika terkena pantulan cahaya. Namun supaya kalian bisa mendapat pengalaman gaming yang lebih, saya lebih merekomendasikan supaya menggunakan monitor tambahan yang tentunya sudah memiliki panel IPS.

CPU

Spesifikasi AMD FX-9830P

Tidak seperti laptop gaming kebanyakan yang lebih memilih Intel sebagai produsen CPUnya, Asus X550IU ini lebih memilih untuk menggunakan CPU AMD FX-9830P ‘Bristol Ridge’.

CPU ini dilengkapi dengan empat core prosesor yang memiliki minimum clock speed sebesar 3.0 GHZ dan maximum clock speed hingga 3.7 GHz.

Oh iya, CPU ini juga dilengkapi dengan IGP AMD Radeon R7 yang mempunyai tugas untuk mengatasi pekerjaan ringan pada laptop ASUS X550IU ini.

GPU


Layaknya CPU yang berbeda dari laptop gaming kebanyakan, Asus X550IU ini juga menggunakan GPU atau kartu grafis yang bukan berasal dari Nvidia.

Melainkan adalah GPU RX 460 dari AMD lah yang digunakan pada laptop ini. Fyi, RX 460 yang tertanam pada laptop ini memiliki performa yang hampir sama dengan versi desktop lho.

Spesifikasi RX 460 yang tertanam pada Asus X550IU


Perbedaan dengan versi desktopnya hanya terletak pada clock GPU dan clock Memory nya. Yang dimana RX 460 pada laptop ini memiliki maximum clock GPU 1180MHz dan maximum clock memory 1250MHz.

Namun meski memiliki performa yang gahar, GPU ini memiliki thermal limit pada suhu 74 derajat Celcius. Artinya ketika suhu laptop ini menyentuh angka 74 derajat Celcius, maka clock GPU RX 460 ini akan mengalami penurunan clock.

RAM DDR4 Support Dual Channel

RAM 1x8GB yang bisa ditambah hingga 16GB dengan konfigurasi dual channel, Asus X550IU dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 1x8GB 2133MHz. Tentu kapasitas sebesar itu sudah sangat cukup untuk pemakaian game-game ringan serta kegiatan multitasking.

Tapi bagi kalian yang merupakan content creator, jelas kapasitas RAM sebesar 8GB sangatlah tergolong kurang. Dan kalian bisa menyelesaikan masalah ini dengan cara menambahkan kapasitas RAM hingga 16GB lewat satu slotnya lagi.

Pengujian Game


Hasil pengujian game dari laptop Asus X550IU, dengan duet dari AMD FX-9830P ‘Bristol Ridge’ dan RX 460 4GB pada Asus X550IU ini.

Game-game yang tergolong berat seperti GTA V, The Witcher 3, Watch Dog 2, DOOM, dan Overwatch pun masih sanggup bertahan pada 40-50 Fps.

Sedangkan untuk game yang tergolong ringan seperti Couter Strike: Global Offensive, DOTA 2, Point Blank, dan Paladins mampu menyentuh Fps hingga angka 100 pada settingan medium.

Kira-kira gimana nih pendapat kalian pribadi tentang laptop gaming murah yang satu ini? Tertarik untuk membelinya? Tulis pendapat dan jawaban kalian di kolom komentar ya, terimakasih.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...
loading...