15 Oktober 2016

5 Manfaat Instal Ulang Komputer, Laptop dan Notebook

Posted by Glen Hanz Sky

Apa itu Instal Ulang Komputer, Laptop dan Notebook?

Instal Ulang adalah Sistem Operasi pada perangkat Komputer atau Laptop dikembalikan seperti awal dan akan menghapus seluruh file yang ada di drive penyimpanan sistem operasi, biasanya pada drive C: di Hard Disk, dan membuat Kompter, Laptop dan Notebook seperti baru lagi.

Apakah Semua Data Hilang: Kalau drive penginstalan windows di localdisc C:/, maka file yg hilang otomatis hanya di C:/ saja, karena pasti ke format. Namun localdisk pada drive D:/ dan yang lainnya data filenya tidak akan hilang.

Sebelum anda melakukan instal ulang pindahkanlah seluruh file di drive C:/ ke drive D:/ atau drive yang lainnya agar file penting yang ada di drive C: tidak hilang atau biasa disebut dengan Backup.

Mungkin, banyak diantara kita yang bertanya-tanya. Sebenarnya manfaat instal ulang laptop dan komputer itu apa sih? Mengapa komputer dan laptop harus diinstal ulang?

Yup, bagi yang penasaran, saya ingin menjelaskannya sedikit untuk Anda.

Apa Manfaat Instal Ulang Komputer, Laptop dan Notebook?

Pertama, yang namanya laptop itu harus diinstal sistem operasi ya sobat. Sebab sistem operasi yang akan membuat laptop itu bisa dioperasikan.

Jika tidak di install sistem operasi, maka sudah jelas laptop tidak bisa digunakan. Mungkin laptop bisa dihidupkan. Tapi apa gunanya jika komputer dan laptop hanya menampilkan teks warna hitam pada layar.

Dari penjelasan tersebut paling tidak kita sudah mengetahui bahwa menginstal laptop baru itu adalah wajib dan jika komputer dan laptop sudah di instal sebelumnya,

Kenapa harus di instal kembali atau di install ulang? Manfaatnya apa sih?  Pastinya pertanyaan seperti itu sering muncul dibenak Anda bukan. Nah, berikut anda dapat menyimak penjelasan dari pengalaman pribadi saya sendiri.

5 Manfaat Instal Ulang Komputer, Laptop dan Notebook

1. Memperbarui Sistem Operasi

Anda perlu tahu, laptop yang sudah lama tidak di instal, terkadang akan mengalami kerusakan pada sistem operasinya. Mungkin akibat virus, mungkin akibat crash, atau akibat hilangnya file-file sistem operasi tersebut.

Nah, jika demikian, maka sistem operasi akan bermasalah. Bisa jadi lambat, bisa jadi sering error dll. Dengan di instal ulang, maka sistem yang sudah bermasalah diperbarui menjadi sistem yang benar-benar bagus. Masalah jadi hilang, dan file sistem yang hilang pun akan ada lagi.

2. Menghilangkan dan Menghapus Virus di Komputer, Laptop dan Notebook

Setiap laptop atau pun komputer, pasti pernah dijadikan sarang oleh virus komputer. Nah, ketika sistem operasinya sudah diacak-acak virus, ya bukan mustahil juga laptop akan menjadi susah digunakan. Hampir sama seperti poin satu, laptop bisa lambat, sering eror, buka aplikasi ini itu tidak bisa, dll..

Oleh karena itu, dengan menginstal laptop kita, maka virus yang ada di Drive C (drive sistem) akan menjadi bersih. Tapi, Anda juga harus membersihkan virus di partisi lainnya ya sobatku. Seperti partisi D dan E jika ada. Untuk tambahan, silahkan baca cara scan virus di laptop dengan smadav.

3. Memasang Sistem Operasi Yang Sesuai

Setiap laptop itu berbeda-beda dalam hal kecocokan dengan sistem operasi. Bisa jadi laptop dulu cocok windows xp, tapi tidak cocok windows 10 atau sebaliknya, sebuah laptop yang cocok windows 10 tapi tidak cocok jika diisi windows xp.

Nah, di sini instal ulang pada laptop terkadang diperlukan karena untuk memberikan sistem operasi yang sesuai pada laptop itu sendiri. Jika misalnya: sebelumnya kita telah memaksakan sebuah laptop menggunakan sistem yang sebenarnya tidak support dengan laptop tersebut, maka kita bisa menginstal ulang laptop tersebut dengan sistem operasi yang sesuai supaya laptop bisa dioperasikan dengan baik.

4. Meringankan Beban Kerja Komputer

Dengan melakukan instal ulang Komputer, Laptop dan Notebook secara otomatis kinerjanya akan semakin ringan, karena beban Memory yang ada pada sistem yang lama akan dan akan mempermudah kita dalam memilih Software Aplikasi lain yang ingin kita masukan kedalamnya.

5. Mempercepat Kinerja Komputer, Laptop dan Notebook

Sebelumnya saya berkali-kali bilang kalau sistem komputer yang bermasalah dapat membuat laptop menjadi lambat. Mungkin saat digunakan, atau saat dihidupkan, atau saat dimatikan laptop benar-benar lambat.

Nah, jika lambatnya laptop tersebut memang karena sistemnya yang bermasalah, dalam artian bukan karena perangkat kerasnya yang rusak, maka dengan menginstal ulang sistemnya dapat membuat laptop tersebut menjadi lebih ringan dan cepat.

Sobatku, namun Anda perlu tahu bahwa kita juga tidak perlu terlalu sering menginstal laptop kita. Sebab jika hard disk laptop sudah mulai bermasalah, justru akan membuat hard disk tersebut menjadi rusak. Masalah harus berapa lama baru boleh instal laptop kembali, itu juga tergantung keadaan sistem operasi di laptop kita sendiri. Jika tidak ada masalah, ya sudah tidak perlu diinstal ulang meskipun bertahun-tahun lamanya.

Jika Anda mengalami masalah dengan PC/Laptop Anda dan ingin menginstal ulang atau bahkan untuk memperbaiki komputer di rumah atau di kantor, Anda bisa menghubungi kontak yang ada pada gambar diatas.

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar