26 Januari 2017

7 Hal Kenapa Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

Posted by Glen Hanz Sky

Mungkin tidak semua orang mengetahui bahwa sebenarnya ada 3 sistem operasi yang populer bahkan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sebut saja Linux, Windows, dan OSX yang merupakan sistem operasi yang dapat berjalan di komputer, laptop dan juga notebook.

Sistem Operasi Linux
Masing-masing sistem operasi ini tentu saja memiliki fungsi dan juga fitur yang berbeda-beda. Akan tetapi saat ini sistem operasi Linux lebih dianggap sebagai sistem operasi yang terbaik. Dimana para penggunanya sangat banyak di seluruh dunia, dan biasanya sistem operasi ini sangat lekat sekali dengan kalangan programmer, developer, dan bahkan kebanyakan para hacker juga memakai sistem operasi Linux ini.

Dan pada kesempatan kali ini mengenai alasan kenapa kebanyakan para programmer di seluruh dunia lebih memilih menggunakan Linux dibandingkan OSX atau Windows. Simak penjelasan dibawah ini :

7 Hal Kenapa Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX
 
1.  Berbasis Open Source


Linux adalah salah satu sistem operasi yang open source. Hal tersebut berarti bahwa semua source code linux dapat digunakan secara gratis. Selain itu, kamu juga dapat mengubah source code pada linux tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kamu bisa membuat sebuah sistem operasi baru yang sesuai dengan keinginan anda.

2. Mudah Didapat dan Di instal


Proses instalasi pada Linux yang juga terbilang cukup mudah merupakan salah satu hal yang penting yang membuat para programmer sangat menyukai sistem operasi yang satu ini.

Agar anda bisa memasang sistem operasi linux pada perangkat komputer atau laptop tidak begitu sulit, sebab proses instalasi juga cukup cepat dibandingkan sistem operasi lain. Untuk CD Master sistem operasinya juga sangat mudah untuk didapatkan, yaitu anda dapat mendownload di situs resmi linux.

3. Support Banyak Bahasa Pemrograman


Linux dapat mendukung berbagai jenis bahasa pemrograman dan hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang programmer untuk memudahkan pekerjaannya ketika membuat sebuah program.

Bahasa pemrograman yang sudah support dengan sistem operasi linux, yaitu C/C++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl, dan lain sebagainya. Dan pengecualian jika memang bahasa pemrograman tersebut hanya untuk platform tertentu (Visual Basic, Objective-C, Mac OS/iOS).

4. Memiliki Tools Yang Lengkap

Selain mendukung banyak bahasa pemrograman, ternyata linux juga telah memiliki beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam mengolah dan juga menguji kode-kode yang sudah dibuat. Dan bahkan aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis.

5. Selalu Update


Linux merupakan salah satu sistem operasi yang selalu rutin melakukan update. Dan proses update yang dilakukan oleh linux juga tergolong cukup cepat jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya. Biasanya Linux akan mengupdate sistem operasinya setiap 6-9 bulan sekali. Update pada linux tentunya akan berisi pembaruan keamanan dan juga fitur-fitur lainnya.

6. Keamanan yang Lebih Unggul

Bila kita melihat dari segi keamanan, maka untuk tingkat keamanan pada sistem operasi linux juga dapat dikatakan lebih unggul bila dibandingkan dengan sistem operasi windows. Sebab dalam sistem operasi windows, para penggunanya sering mengeluhkan terserang virus trojan, adware, spyware, dan lain sebagainya. Dan ini sangat berbeda pada sistem operasi linux yang hampir tidak pernah mengalami itu.

7. Ringan


Bila anda hanya memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, maka sistem operasi linux adalah pilihan yang tepat dan sangat cocok sekali untuk digunakan. Sistem operasi Linux juga tidak membutuhkan resource yang cukup besar pada saat di instal.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kebanyakan programmer lebih suka menggunakan sistem operasi linux dibandingkan dengan windows ataupun OSX. Selain cepat dalam penggunaanya juga dari segi keamanan sangat membantu anda dalam mengamankan seluruh data-data penting yang anda miliki.

Demikianlah 7 Hal Kenapa Programmer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX. Semoga informasi yang saya sampaikan kali ini dapat membantu anda untuk lebih mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis sistem operasi yang dapat digunakan pada komputer ataupun laptop.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar