10 Februari 2017

Pengertian dan Cara Kerja Router

Posted by Glen Hanz Sky

Pengertian dan Cara Kerja Router - Bagi anda yang terbiasa menggunakan koneksi internet, tentu saja tak lepas dari perangkat yang satu ini, yah sebut saja Router, sebuah perangkat penghubung untuk beberapa jaringan pada komputer. Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahkan mengenal Router.

Router Mikrotik RB 750
Apa itu Router?

Router adalah perangkat network yang biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa network (jaringan), baik jaringan komputer yang sama maupun jaringan yang berbeda. Router minimal memiliki 2 Network Interface. Misalkan menghubungkan jaringan yang menggunakan topologi Star, Ring dan Bus.

Contoh Router 

Cisco Router merupakan nama yang sudah tidak asing lagi, tetapi disisi lain terdapat nama yang mulai familiar, yaitu MikroTik Router. MikroTik menawarkan kemudahan konfigurasi dan kehandalan fitur dengan harga yang relatif murah. koq jadi promosi :-)

Disamping ini adalah gambar MikroTik RB750 yang merupakan Router dengan ukuran kecil dan harga yang terjangkau (sekitar 350 ribuan) yang dapat digunakan untuk koneksi internet di kantor, rumah ataupun warnet.

Cara Kerja Router

Fungsi Utama dari Router adalah merutekan paket (informasi). Pada sebuah Router tentu saja memiliki kemampuan Routing, yang artinya Router dapat mengetahui kemana rute perjalanan paket (informasi) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu jaringan ataupun yang berada di jaringan yang berbeda.

Jika paket (informasi) ditujukan untuk host pada jaringan lain maka router akan meneruskannya ke jaringan tersebut. Demikian pula sebaliknya, jika paket (informasi) ditujukan untuk host yang satu jaringan maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

Perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara kerja router :
Cara Kerja Router
Pada gambar diatas terdapat 2 buah jaringan (network) yang terhubung dengan sebuah router. Jaringan yang berada di sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router memiliki network address 192.168.1.0 dan jaringan yang berada di sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan network address 192.155.2.0
  • Komputer A mengirimkan data ke komputer C, maka router tidak akan melanjutkan data tersebut ke network lainnya.
  • Begitu pula ketika komputer F mengirimkan data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan melanjutkan paket data tersebut ke komputer B.
Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian dan cara kerja router yang tentu saja sangat bermanfaat bagi anda. Jika anda punya pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang disediakan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...
loading...