22 Januari 2017

Cara Mengatasi Operating System Not Found di Windows

Posted by Glen Hanz Sky

Cara Mengatasi Operating System Not Found di Windows - Operating sistem not found adalah suatu keadaan di mana komputer, laptop ataupun notebook gagal mengambil sistem operasi pada hard disk. Penyebab operating system not found yaitu pengaturan biosnya kurang tepat, priority boot pada bios yang salah, dan yang terakhir disebabkan hard disk tersebut mengalami gangguan atau bermasalah. Berikut ini saya akan memberitahukan bagaimana cara mengatasi operating system not found.

Tampilan Operating System Not Found

1. Mengubah Boot Priority

Maksud dari mengubah boot priority ini maksudnya adalah ketika komputer, laptop atau notebook di nyalakankan, sistem  akan membaca pertama kali pada harddisk, biasanya orang yang menginstal ulang biasanya lupa untuk mengembalikan ke pengaturan awal pada saat dia menginstal komputer, laptop atau notebook anda, dimana dia menggunakan cd/dvd room atau USB flashdisk.

Berikut ini yang harus sobat lakukan :
  1. Restart komputer, laptop atau notebook, ketika menyala, langsung tekan F2 atau Tombol Delete secara terus menerus sampai masuk ke bios dengan warna biru pada layarnya,
  2. Pilih Tab Boot, lalu lihat pada menu Boot Priority
  3. Pilih HDD (harddisk) dengan menekan tombol F5 atau F6 pada keyboard sobat, HDD akan naik ke atas pada priority awal. 
Catatan: Keadaan menekan tombol F5 atau F6 akan berbeda di masing-masing merk notebook atau laptop, yang lain cukup dengan menekan tanda panah ke atas atau kebawah pada keyboard. setelah di ubah ke boot priority nomor satu. lalu tekan F10 untuk menyimpan dan pilih Yes.

2. Pengaturan Bios

Jika tidak bisa setelah mengubah boot priority, cobalah restart kembali komputer, laptop, atau notebook, Anda akan melihat tampilan warna hitam dan ada tulisan di kiri atas operating system not found. ketika itu terjadi tekan secara bersamaan CTRL+ALT+DEL, maka akan kembali restart, lalu tekan tombol F2 pada keyboard secara terus menerus sampai masuk ke bios, Setelah masuk ke bios pilih menu Boot biasanya di samping menu Advanced, lalu  ubah pada 1st boot device menjadi UEFI atau LEGACY, selanjutnya sobat tekan F10 untuk menyimpan perubahan.

3. Membersihkan Fisik Hard Disk


Jika langkah pertama dan kedua sudah di lakukan tapi masih mengalami hal yang sama yaitu, operating system not found. Bongkar hard disknya pada belakang casing notebook atau laptop sobat dengan menggunakan obeng. Hal ini mungkin terjadi karena harddisk yang kotor, lepas hard disk tersebut, pada tembaga atau kuningan hard disknya, bersihkan dengan kuas yang lembut, dan hembus antara tembaga atau kuningan dan tempat colokan hard disk yang menghubungkan ke notebook atau laptop sobat tersebut dengan perlahan. Setelah itu colokkan lagi harddisk pada konektornya. kemudian cobalah nyalakan kembali notebook atau laptop.

Demikianlah Cara Mengatasi Operating System Not Found di Windows, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca setia ITSiantar.net. Semoga anda dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada komputer, notebook atau laptop anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Previous
« Prev Post

18 komentar:

  1. kalo pake phoenixBIOS setup utilitu gimana? Di menu bootnya cuma ada

    screen logo display : enabled/disabled
    quickboot mode : enabled/disabled
    booting by LAN : enabled/disabled

    set boot order

    BalasHapus
  2. Ini ko notebook saya gabisa keluar biosnya yak? Padahal sudah di pencet berkali2 f2 nya

    BalasHapus
  3. bu desy arsinta kalo rusak tekan dell , f2 atau f5 atau f10 btw merek apa notebooknya?
    kalo mau install ulang bisa kontak saya harga mahasiswa

    BalasHapus
  4. Thank you... it help a lot

    BalasHapus
  5. Tengkyu gan....sangat membantu

    BalasHapus
  6. Makasih ya. Sangat membantu. Akhirnya laptop aku normal lg.

    BalasHapus
  7. Saya sudah ikuti semua langkahnya tapi tidak bisa di lakukan . Penyebabnya karena saya menambah partisi harddisk pas saya matikan laptop dan saya nyalakan kembali tiba" system operasi laptop tidak di temukan. Apakah tau penyebabnya?

    BalasHapus
  8. Wow.. it help a lot 👍

    BalasHapus
  9. Mas punya saya knp ya boot mode sudah saya ubah ke UEFI sukses tp saat nyalain laptop lagi kembali sistem not fount..

    BalasHapus
  10. mantap....untuk permanen gimana mas

    BalasHapus
  11. punya saya udh ikutin sesuai urutan.
    kok masih tetap sma ada sistem not found nya lgi. gimana ya min ,mohon bantuannya

    BalasHapus
  12. Terimakasih, sangat membantu

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin Bookmark min untuk nantipraktek di komputer kerjaan. makasih udah mau share..

      Hapus
  14. Sya sdh coba tpi kok biosx ndag muncul sih

    BalasHapus
  15. Mantap bang. Makasih !

    BalasHapus
  16. Kenapa pada saat menekan f2 note book nya tiba tiba mati??

    BalasHapus

loading...
loading...